Masuk 100 Nominasi Program Nasional, Desa Karampuang di Mamuju terpilih jadi "Desa Cantik"
Peluncuran dan pencanangan program nasional Desa Cinta Statistik di desa Karampuang Kecamatan dihadiri Bupati Mamuju Kabupaten Sutinah Suhardi di Mamuju. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Desa Karampuang yang masuk wilayah kepulauan di Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju Provinsi Sulbar terpilih menjadi Desa Cinta Statistik (Cantik) di Indonesia.

"Setelah pemerintah di Mamuju mengajukan beberapa desa ke tingkat nasional, hanya Desa Karampuang Kecamatan Mamuju yang dipastikan terpilih menjadi Desa Cantik," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Mamuju Achmad Nasir di Mamuju, Kamis 08 Juli.

Ia menjelaskan hal tersebut pada peluncuran dan pencanangan program nasional Desa Cinta Statistik di desa Karampuang Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju.

Dia mengatakan Desa Karampuang termasuk dalam nominasi program nasional 100 Desa Cantik dari 83.820 desa dan kelurahan di Indonesia.

Menurut dia, Program Desa Cantik ini bertujuan menjadikan Desa Karampuang sebagai desa percontohan dan titik awal implementasi program pembinaan statistik sektoral serta penguatan pengelolaan data yang berstandar dan berkualitas di level desa.

"Program Desa Cantik juga untuk mendukung perencanaan pembangunan desa dan pemerintah daerah pada skala regional," katanya.

Pemanfaatan Data Statistik

Menurut dia, BPS Mamuju berupaya menjawab tantangan pembinaan pengelolaan dan pemanfaatan data statistik di level desa melalui peningkatan kompetensi aparatur desa dan kelurahan.

Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi mengaku bangga atas terpilihnya Desa Karampuang sebagai Desa Cantik di Tanah Air.

"Desa adalah sebagai objek pembangunan dan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, perencanaan pembangunan desa yang tepat sasaran kunci pembangunan daerah," katanya.

Ia berharap aparat Desa Karampuang dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk mempelajari metode pengaplikasian data yang dilaksanakan oleh BPS karena desa yang memiliki data yang baik untuk di intervensi bantuan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. 

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!