Sejumlah 67 Desa dan Kelurahan di Polman Sudah Memiliki Jamban Sehat
Tim kesehatan pemerintah di Polman telah melakukan verifikasi Open Defication Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (SBS) pada sejumlah desa di wilayah Polman. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Sejumlah 67 desa dan kelurahan di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) telah memiliki jambang sehat keluarga.

Hal itu diungkapkan penanggung jawab program kesehatan lingkungan seksi kesehatan lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Polman, Abdul Latif di Mamuju, Selasa 15 Maret.

Ia menjelaskan, dari 167 desa dan kelurahan di Polman 67 desa dan kelurahan diantaranya telah memiliki jamban sehat keluarga.

Menurut dia, tim kesehatan pemerintah di Polman sebelumnya telah melakukan verifikasi Open Defication Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan (SBS) pada sejumlah desa di wilayah Polman.

Ia menyampaikan, verifikasi tersebut dilaksanakan diawali usulan dari pemerintah Desa dan Kelurahan di Polman dengan melakukan kunjungan langsung ke setiap rumah-rumah warga.

"Verifikasi juga untuk melihat secara langsung ketersediaan jamban sehat keluarga serta melakukan wawancara singkat serta melakukan pengisian kuesioner yang telah disiapkan oleh tim verifikasi," katanya.

Sebanyak 67 desa memiliki jamban sehat

Verifikasi tersebut juga untuk memastikan terjadinya perubahan perilaku masyarakat untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat telah terakses dengan jamban sehat serta berperilaku hidup bersih dan sehat.

Dengan demikian didapatkan kesimpulan dari hasil pemeriksaan tim verifikasi tersebut bahwa sekitar 67 desa dan kelurahan di Polman telah memiliki jamban sehat dan keluarga.

"Desa Laliko di Polman yang telah dinyatakan telah dinyatakan lolos verifikasi ODF atau SBS hingga 100 persen, diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa lainnya di Polman agar dapat memiliki jamban sehat serta masyarakatnya berprilaku hidup bersih dan sehat," katanya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.