Pemkab Mamuju Adakan Pembinaan 121 KIM
Kepala Bidang Sarana dan Diseminasi Informasi Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju, Ita Sari Darmawati. (Foto: Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Pemerintah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat mengadakan pembinaan terhadap 121 Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), termasuk yang berkaitan dengan penggunaan media sosial yang baik.

"Sebanyak 121 KIM yang ada di Kabupaten Mamuju terus dilakukan pembinaan pemerintah melalui Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju," kata Kepala Bidang Sarana dan Diseminasi Informasi Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju, Ita Sari Darmawati, di Mamuju, dilansir Antara, Selasa 13 April.

Ia mengungkapkan hingga saat ini masih terdapat 10 desa di Kabupaten Mamuju yang belum memiliki dan membentuk KIM.

Dia mengatakan pembinaan KIM di daerah itu dilakukan dengan sosialisasi terkait program Go Digital.

"Program tersebut dengan membina KIM agar bijak dan patut dalam menggunakan media sosial menjelang bulan Ramadhan," katanya.

Diselenggarakan di setiap desa dan kecamatan

Menurut dia, sosialisasi program Go Digital dilaksanakan di setiap desa dan kecamatan di Kabupaten Mamuju.

"Dalam melakukan pembinaan KIM, masyarakat masih mengeluhkan sulitnya mengakses informasi kegiatan kinerja pemerintahan," katanya.

Ia menyampaikan kepada masyarakat, khususnya generasi muda, yang sudah mampu mengakses internet, hanya mengakses media sosial tanpa dimanfaatkan untuk mengakses informasi yang lebih berguna.

"Hambatan lainnya adalah masih kurangnya produk informasi yang disebar ke masyarakat terkait hasil pembangunan dan kinerja pemerintahan dan kekurangan ini akan dibenahi pemerintah," katanya.

Dengan mewujudkan program Go Digital, jelasnya, maka pemerintah daerah setempat juga akan membangun literasi informasi.

Tokoh masyarakat di Mamuju, Abdul Rasyid, meminta pemerintah melakukan sosialisasi dan membantu masyarakat desa agar mampu memanfaatkan sarana informasi untuk memperkenalkan produk UMKM sehingga dapat dipasarkan dengan optimal dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!