Moeldoko: PON Papua Bukti Komitmen Bahwa Tanah Papua Menjadi Prioritas
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam acara Gathering Sponsorship PON XX 2021 Papua di Jakarta, Kamis, 29 April (Foto: dokumentasi KSP)

Bagikan:

MAKASSAR - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjelaskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021 adalah bukti komitmen pembangunan Indonesia-sentris.

"Ini bukti komitmen Pembangunan Indonesia-sentris yang dicanangkan Presiden, dimana Tanah Papua menjadi prioritasnya," kata Moeldoko saat memberi sambutan pada Gathering Sponsorship PON XX 2021 Papua di Hotel Mulia Jakarta, Kamis, sebagaimana siaran pers dilansir Antara, Jumat, 30 April.

Moeldoko memaparkan sebagaimana yang telah disampaikan Presiden Jokowi bahwa PON XX Papua adalah suatu hal yang unprecedented, atau belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah PON.

Penyelenggaraan PON XX di Papua menunjukkan kemajuan pembangunan infrastruktur olahraga di Tanah Papua yang masif.

Penguatan jatidiri bangsa Indonesia

Bagi Presiden, kata Moeldoko, pelaksanaan PON dan PEPARNAS adalah penguatan jatidiri bangsa Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai ke Merauke, dari Asia sampai ke Pasifik, dari tanah Melayu sampai ke kepulauan Melanesia.

Pelaksanaan PON dan Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) di Papua tahun 2021 juga tidak terlepas dari upaya percepatan pembangunan kesejahteraan Tanah Papua serta semangat dan jiwa berolahraga yang melekat serta identik dengan Tanah Papua.

Moeldoko mengatakan permintaan Presiden bahwa PON XX tahun 2021 harus dilaksanakan pada tahun ini menunjukkan kesiapan yang sudah luar biasa.

Menurutnya, keseriusan, perhatian, dan afirmasi Presiden ditegaskan setidaknya dalam tiga Rapat Terbatas/Sidang Kabinet yang secara khusus membahas PON, serta terbitnya tiga Instruksi Presiden yang berhubungan dengan PON dan percepatan pembangunan Papua.

"Singkatnya, dalam sejarah penyelenggaraan PON sejak 1948, belum ada PON yang mendapat perhatian se-luar biasa ini dari seorang Kepala Negara," jelas Moeldoko.

Moeldoko sendiri juga telah menugaskan tiga tim untuk terjun langsung ke tiga wilayah di Papua, yakni Jayapura, Mimika dan Merauke pada bulan ini.

Tim yang dipimpin langsung oleh Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP) Jaleswari Pramodhawardani itu bertugas untuk memonitor perkembangan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX secara langsung.

"Saya dan jajaran KSP akan terus mengawal PON sampai tuntas," jelas Moeldoko.

Artikel ini pernah tayang di VOI.id dengan judul “Moeldoko: PON Papua Bukti Komitmen Pembangunan Indonesia-sentris”, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait