PON dan Peparnas Berjalan Sukses dan Lancar, Mahfud MD: Bukti Nyata Papua Aman dan Damai
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

Makassar—Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, menjelaskan kesuksesan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua merupakan bukti jika Bumi Cenderawasih aman dan damai.

"Ini pembuktian bagi kita semua bahwa Papua dan Indonesia itu sudah sangat bersenyawa menyatu di dalam semangat dan tujuannya serta rasa senasib dan sepenanggungan," kata Mahfud dalam konferensi pers di Jayapura dikutip Antara, Jumat, 12 November.

"Dulu jelang pelaksanaan PON dan Peparnas. Banyak yang menjadi catatan. Kini, semua tahu bahwa Papua itu sama dengan daerah lain bisa hidup aman, nyaman, dan tenang juga," dia menambahkan.

Mahfud MD menyatakan apresiasinya kepada panitia dan dengan koordinasi Kementerian Pemuda dan Olahraga, TNI-Polri, pemerintah daerah, serta kementerian lembaga.

"Saya mengucapkan terima kasih dan selamat atas keberhasilan pelaksanaan PON dan Peparnas di Provinsi Papua yang telah kita lalui bersama. Dengan kesuksesan ini, menunjukkan bahwa Papua merupakan salah satu kekuatan olahraga nasional yang mengedepankan solidaritas dan persatuan serta kesatuan," kata Mahfud.

Atlet bibit potensial Papua

Mahfud juga menyebutkan Papua mempunyai atlet bibit potensial. Terbukti dengan kesuksesan Papua yang menempati peringkat empat besar di PON. Demikian pula di Peparnas, di mana tuan rumah mampu berbicara banyak dengan perolehan medali yang ditorehkan atlet.

Suksesnya penyelenggaraan pesta olahraga empat tahunan itu juga menjadi bukti nyata seluruh elemen masyarakat di Papua dapat menyelenggarakan berbagai ajang kompetisi olahraga tingkat nasional pada masa mendatang dengan baik.

"Sehingga, semboyan yang terus digaungkan "Torang Bisa" dimplementasikan nyata dalam penyelenggaraan PON dan Peparnas yang sukses," pungkas Mahfud MD.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!