Sulsel Mulai Terjunkan Atlet Menuju PON Papua pada 21 September
Satgas PON Sulsel menemui pelatih dan atlet jelang tampil di Pekan Olahraga Nasional XX Papua di Makassar. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mulai memberangkatkan atlet kontingen Sulawesi Selatan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX pada 21 September mendatang.

Koordinator Bidang Transportasi Satgas PON XX Papua, Provinsi Sulawesi Selatan Abriadi Muhara di Makassar, Kamis, 16 September menyebutkan pemberangkatan perdana atlet asal Sulsel ke Papua yakni dari cabang olahraga futsal.

"Mereka yang akan berangkat pertama kali dari tim futsal sebanyak 16 orang, termasuk pelatih. Mereka akan berangkat menggunakan pesawat Batik Air pada pukul 06.40 Wita," ungkapnya.

Abriadi menyampaikan bahwa pihak panitia PON Papua XX telah mengeluarkan aturan bahwa para atlet diminta telah harus tiba di lokasi pertandingan tiga hari sebelum pertandingan. Sebab pihak tuan rumah akan melakukan penyambutan bagi para atlet.

Degan demikian, tim futsal Sulsel akan mulai bertanding pada 24 September mendatang. Sehingga mereka memiliki waktu tiga hari untuk lakukan uji lapangan dan sebagainya.

Jadwal penerbangan sudah ditentukan

Begitu pula pada 30 cabang olahraga lainnya, Satgas PON telah menentukan jadwal penerbangan ke Papua dengan selisih waktu tiga hari bagi semua cabang olahraga.

"Ada 31 cabang olahraga dan semua sudah fix dengan penerbangannya. Pada 9 Oktober merupakan keberangkatan terakhir dari cabang Bola Basket," ujar dia.

Abriadi mengemukakan bahwa pihak Satgas PON XX Papua Sulsel menyiapkan tiga maskapai dalam mengawal perjalanan para atlet menuju Papua, yakni Garuda Indonesia, Batik Air dan Ctylink.

Pemprov Sulsel menyiapkan sedikitnya Rp1 miliar untuk transportasi para atlet berjumlah 262 orang yang akan mengikuti PON XX Papua. Pembukaan PON Papua akan digelar pada 2 Oktober 2021.

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!