Yakini Banyak Potensi yang Belum Tergali di Papua dan Papua Barat, Jokowi: Tugas Besar Kita untuk Siapkan Manajemen Talenta
Presiden Jokowi (instagram @jokowi)

Bagikan:

Makassar--Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan banyak potensi sumber daya manusia (SDM) di Papua dan Papua Barat yang belum tergali dan bisa dikembangkan dengan baik.

Hal ini diutarakannya saat peninjauan Groundbreaking Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Papua pada Sabtu, 2 Oktober. Kegiatan ini dijalankan dalam rangkaian kunjungan kerja yang dilakukan Presiden Jokowi sebelum pembukaan PON XX Papua malam nanti.

"Saya yakin masih banyak potensi yang belum tergali dan belum dikembangkan. Itulah tugas kita, baik di Papua maupun Papua Barat," kata Jokowi yang dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Bibit unggul dengan talenta terbaik di berbagai bidang seperti sains, budaya, dan olahraga inilah yang harus diberikan perhatian lebih. "Dan ini menjadi tugas besar kita semuanya untuk menyiapkan manajemen yang baik, manajemen talenta yang baik, dan tertata," tegas eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain mempersiapkan manajemen talenta yang baik, Papua Youth Creative Hub yang kini masih dibangun diharap bisa jadi jawaban untuk mendayagunakan talenta SDM di Papua dan Papua Barat. Nantinya, kata Jokowi, tempat ini dapat dimanfaatkan untuk berkumpul dan menjadi pusat berkumpulnya anak muda kreatif dengan bakat yang dimilikinya.

Akan ada banyak fasilitas

Apalagi di tempat ini akan banyak fasilitas yang terdiri dari co-working space, ruang pembelajaran teknologi digital, ruang konten, serta asrama, dan fasilitas olahraga.

"Saya kira itu sudah sangat integrated dan kita harapkan betul-betul tempat ini menjadi sebuah pondasi bagi masa depan Papua dan masa depan Indonesia di masa-masa yang akan datang, serta dalam memulai membangun perusahaan perusahaan startup dari Tanah Papua yang hebat ini," tegas Jokowi.

Selain itu, dia juga berharap dari tempat tersebut muncul banyak wirausahawan muda yang bergerak di berbagai bidang, termasuk petani dan nelayan milenial sebagai masa depan Papua.

"Saya kira inilah masa depan kita semuanya. Masa depan Indonesia, masa depan Tanah Papua ada di Papua Creative Hub yang kita harapkan akhir 2022 sudah selesai, langsung kelembagaannya siap, dan kita harapkan dalam waktu yang sangat dekat bisa kita betul-betul lakukan pengembangan SDM di Tanah Papua yangg kita cintai," pungkasnya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!