Berita Sulsel Terkini: Poltekbos Sampaikan Edukasi Pembuatan Ikan Bajabu untuk Warga Pulau Pangkep
Peserta sosialisasi pembuatan bajabu dari ikan asap dan desain kemasan produk UMKM di Pulau Karanrang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep). ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Politeknik Bosowa (Poltekbos) Makassar memberikan edukasi warga Pulau Karanrang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) tentang cara pembuatan ikan bajabu.

Dosen Prodi Perhotelan Dewi Andriani di Makassar, Rabu mengungkapkan jika selama pengabdian mereka memberikan edukasi pelatihan pembuatan bajabu dari ikan asap dan desain kemasan produk UMKM.

"Jadi, kelompok masyarakat nelayan dapat ide olahan hasil tangkapan nelayan menjadi produk kreatif seperti ikan asap dan bajabu. Ikan asap yang bertujuan bisa meningkatkan daya simpan ikan serta menaikkan nilai ekonomis," ujar dia.

Kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat yang menjadi agenda rutin dan menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Produk bajabu ikan asap berasal dari ikan tuna, cakalang, tawassang, layang hingga varian level pedas lainnya.

Memiliki sumber ikan yang cukup banyak

Peserta yang berpartisipasi sebanyak 40 orang dan sangat antusias. Bahkan meminta pelatihan selanjutnya segera dilakukan agar produk dapat secepatnya diproduksi.

Dewi berharap kegiatan ini dapat membantu masyarakat lebih mandiri dan menghasilkan patner dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Baginya, pulau ini memiliki penduduk yang padat dengan sumber ikan yang cukup banyak sehingga masyarakat bisa menjadikan ini salah satu ide pengolahan ikan agar bernilai ekonomis.

"Mereka juga semangat untuk berwirausaha sehingga sesuai dengan harapan kita agar pelatihannya dapat langsung diimplementasikan dan menciptakan kelompok wirausaha produktif," katanya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI Sulsel, Klik Tautan Berikut untuk info selengkapnya.