Berita Sulsel Hari Ini: Pulau Lakkang Segera Dibenahi Jadi Destinasi Unggulan di Makassar
Ilustrasi - Area di sekitar dermaga di pulau dengan perahu yang digunakan untuk menyeberang, juga untuk mencari ikan. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pulau Lakkang yang merupakan pulau "tumbuh" di tengah wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan akan segera dibenahi untuk dijadikan salah satu destinasi unggulan di Makassar.

"Pulau Lakkang terbilang unik, karena daratannya dikelilingi sungai sehingga menjadi seperti pulau, ini akan dikembangkan ke depan," kata Kadis Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem, di Makassar, Senin 30 Mei.

Menurut dia, potensi Pulau Lakkang sangat kompleks. Pasalnya, selain memiliki lahan pertanian di pulau tersebut, Pulau Lakkang juga sekaligus terdapat lahan tambak, sehingga penduduknya mayoritas berkecimpung pada dua jenis usaha tersebut.

Selain kedua potensi itu yang dapat menjadi destinasi edukasi pertanian dan tambak bagi pengunjung, juga memiliki bekas bungker pada zaman penjajahan Jepang atau sebelum Indonesia merdeka pada 1945.

"Bungker Jepang dapat dikembangkan menjadi objek wisata sejarah yang sangat menarik. Di sekitar kawasan itu pula yang merupakan kawasan rumpun bambu," katanya lagi.

Jambore lingkungan pernah diselenggarakan di Pulau Lakkang

Dia menjelaskan, di sekitar lokasi itu pernah pula diadakan jambore lingkungan yang digagas aktivis mahasiswa dan aktivis lingkungan untuk menghadirkan peserta jambore pada siswa usia sekolah.

Hal itu dibenarkan salah seorang warga setempat, Rajeng yang pernah menjadi guru sekolah di Pulau Lakkkang.

Menurut dia, warga sangat senang lokasinya dikunjungi untuk sejumlah kegiatan seperti jambore lingkungan jauh sebelum pandemi COVID-19.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.