Berita Sulsel Hari Ini: Jelang Lebaran, Perumda Pasar Makassar Awasi Pedagang Musiman
Ilustrasi suasana pedagang kaki lima di bibir jalan di Pasar Tadisional di Makassar. Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Perumda Pasar Makassar menerjunkan petugas Ketertiban untuk mengawasi munculnya pedagang musiman jelang Lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Salah satu konsentrasi pemantauan adalah Pasar Sentral Makassar. Hal ini untuk mengantisipasi pedagang musiman yang berjualan di area pasar Sentral menjelang Hari Raya Idul Fitri," kata Petugas Ketertiban dan Keindahan, Perumda Pasar Makassar Muh Jaenul di Makassar, Selasa 26 April.

Pengawasan ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di area pasar dan juga masalah Kamtibmas yang kerap meresahkan warga atau pengunjung.

"Sebenarnya bentuk pengawasan seperti itu sudah menjadi tugas rutin kami di bagian ketertiban. Hanya khusus Ramadhan ini, lebih diperketat lagi guna mengantisipasi lonjakan pedagang yang dapat mengganggu arus lalu lintas," jelasnya.

Antisipasi kerawanan Kamtibmas

Selain itu juga untuk mengantisipasi kerawanan Kamtibmas yang juga kerap terjadi di bulan suci Ramadhan.

"Tugas kami melakukan pengawasan kepada seluruh pedagang musiman yang berjualan di depan area pasar dan menghimbau untuk tetap patuh protokol kesehatan COVID-19 di Pasar, sekaligus antisipasi kerawanan kamtibmas." kata Jaenul yang juga mantan Kepala Pasar Sentral Makassar.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya menjalankan koordinasi bersama instansi terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan Kota Makassar dan Babinsa dan Bimmas setempat di wilayah Kelurahan Ende, Kecamatan Wajo, Kota Makassar.

Dari hasil pantauan tim ketertiban diketahui, pedagang musiman ini bermunculan dari pedagang lama di dalam pasar yang selanjutnya membuka lapak baru di luar area sentral.

Termasuk sejumlah warga lain yang bermukim sekitaran sentral dan ikut membuka lapak, namun sejauh ini masih cukup terkendali.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.