Berita Sulsel Terkini: Jelang Idul Adha, Dinas Ketahanan Pangan Gencarkan Operasi Pasar
Tim Dinas Ketahanan Pangan Makassar juga rutin meninjau ketersediaan pangan untuk menjaga kestabilan harga. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah, Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Selatan gencar menerapkan operasi pasar untuk memastikan ketersediaan pangan.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Kemal Redindo Syahrul Putra di Makassar, Selasa menjelaskan dengan ketersediaan pangan di pasar-pasar maka diharapkan dapat menjaga harga tetap stabil.

"Kita fokus menjaga ketersediaan pangan bagi masyarakat sehingga harga di pasar tetap stabil. Ini salah satu upaya yang kita lakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga," katanya.

Dalam peninjauan sejauh ini, dirinya mengakui ada beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan seperti halnya cabai. Kondisi ini bahkan sudah terjadi sejak lama dan diprediksi tetap tinggi karena besarnya permintaan jelang lebaran.

Beberapa kebutuhan pokok lain alami kenaikan

Sementara untuk beberapa kebutuhan pokok seperti ayam, daging, telur, dan sebagainya, juga mengalami kenaikan meskipun nilainya tidak besar.

"Untuk stok ayam masih tersedia dan harganya juga tetap stabil. Adapun di beberapa tempat ada kenaikan namun nilainya tidak besar," ujarnya.

Dinas Ketapang Sulsel juga mengajak kabupaten dan kota untuk fokus memantau ketersediaan pangan di daerah masing-masing agar tidak terjadi kelangkaan yang memicu terjadinya kenaikan harga menjelang lebaran.

"Kami juga terus rutin melakukan operasi ke pasar-pasar untuk melihat ketersediaan pangan khususnya jelang lebaran," ujarnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.