Upayakan Peningkatan Imunitas, Wali Kota Makassar Imbau Masyarakat untuk Jalani Vaksinasi dengan Lengkap
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengimbau masyarakat setempat untuk menerapkan vaksinasi secara lengkap untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang prima dari penularan COVID-19, terlebih saat ini terjadi peningkatan penularan varian baru, Omicron.

"Kita harapnya semua sehat dan tidak ada yang terpapar. Bagi yang sudah vaksin dan belum lengkap dosisnya segera lengkapi dan yang belum sama sekali vaksin, ayo kita vaksin agar bisa melindungi diri dan orang terdekat kita," ujar dia setelah mengumumkan dirinya terpapar COVID-19 kedua kalinya di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa 08 Februari.

Untuk kedua kalinya, Danny Pomanto divonis terpapar COVID-19 sejak Senin (7/2) malam, setelah hasil pemeriksaan spesimen usap menggunakan polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium, dirinya tidak merasakan gejala berat seperti saat pertama kali terpapar pada akhir 2020.

Penggunaan CT Value

Danny Pomanto menjelaskan dosis lengkap yang telah didapatkannya sejak setahun lalu, membuat Cycle Threshold (CT) value meningkat pada angka 33. Berbeda saat pertama kali terpapar COVID-19, CT value dirinya di angka 13.

Berdasarkan konsep dalam ilmu kesehatan, semakin sedikit angka CT value, maka materi virus pada tubuh dapat dikatakan terbilang banyak. Alhasil, kemungkinan virus mampu mengakibatkan infeksi masih besar.

Virus dari sampel yang mempunyai CT value lebih dari 34, tidak menimbulkan infeksi. Umumnya beberapa dokter menggunakan CT value untuk menentukan penularan penyakit lebih lanjut.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!