Wali Kota Makassar Imbau Masyarakat untuk Selalu Membumikan Pancasila
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (kiri) bersama Wakil Wali Kota, Fatmawati Rusdi (kanan) bersama jajaran pimpinan TNI Polri mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila. (Foto: Antara)

Bagikan:

Makassar—Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengimbau seluruh warga kota untuk terus membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian dan membentengi diri dari ideologi yang menyesatkan.

"Kita harus membumikan Pancasila terutama pada kehidupan sehari-hari. Ini harus dipahami secara mendalam kepada seluruh warga negara," papar Ramdhan usai mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni, dipimpin Presiden Jokowi Widodo secara virtual, di War Room Balai Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa 01 Juni.

Untuk membumikan Pancasila pada kehidupan sehari-harinya, kata dia,  masyarakat diharapkan tetap berpegang teguh kepada ideologi Pancasila yang sudah disusun secara sempurna oleh para tokoh pemikir bangsa di masa lalu, sejak Indonesia berdiri sebagai Negara Republik.

"Kenapa? banyak paham-paham ideologi transnasional dan internasional yang masuk tanpa batas. Baik itu melalui handphone dan media-media lainnya. Untuk menangkal hal itu maka membumikan pancasila jadi jawabannya,” ucap dia menegaskan.

Makassar telah terapkan nilai Pancasila sila pertama

Menurut dia, Kota Makassar telah menerapkan nilai Pancasila dengan begitu dominan yakni pada sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Seluruh umat beragama di Kota Makassar mendapatkan payung perlindungan lewat program perkuatan keimanan umat.

Praktek-praktek penguatan sila pertama Pancasila dapat dilihat saat tragedi teror bom bunuh diri di Gereja Katedral pada 28 Maret 2021, seluruh pihak kerukunan agama memberikan dukungan, semangat serta penguatan usai peristiwa tersebut. Begitu saat terjadi bencana lainnya.

"Semua umat bersatu dan berdoa serta membantu. Saat musibah -musibah di Sulsel kita juga saling bahu membahu. Begitupun ketika musibah banjir di Makassar, kita semua saling membantu. Ini juga bukti mengamalkan Persatuan Indonesia pada Sila Ketiga Pancasila," paparnya.

Pria akrab disapa Danny Pomanto sangat berharap, dari sejumlah pengamalan Pancasila tersebut, harus tetap dijalankan bukan hanya saat terjadi peristiwa, tragedi maupun lainnya. Sebab, nilai-nilai Pancasila adalah pondasi bangsa agar tetap dalam bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

Peringatan Hari Lahir Pancasila rajin ini mengangkat tema Pancasila Dalam Tindakan Bersatu Untuk Indonesia Tangguh. Upacara secara virtual tersebut diikuti seluruh kepala daerah se Indonesia, dengan inspektur upacara dipimpin Presiden RI Joko Widodo. 

Ikuti info dan berita lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!