Sukseskan Program Vaksin Merdeka, Anak SD di Makassar Mulai Diberikan Vaksin COVID-19 Hari Ini
Ilustrasi/antara

Bagikan:

MAKASSAR - Untuk menyukseskan program Vaksinasi Merdeka, Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan mulai memberikan suntikan vaksin COVID-19 kepada siswa Sekolah Dasar (SD).

Kepala Dinas Pendidikan Makassar Muhyiddin Mustakim, menjelaskan pemberian vaksinasi kepada siswa SD setelah siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sukses dilaksanakan.

"Insyaallah besok, 20 Januari baru akan kita mulai untuk anak-anak kita di bangku SD. Kalau anak-anak di tingkat SMP dan SMA itu sudah selesai," ujarnya dilansir Antara, Rabu, 19 Januari.

Dibagi dalam dua kelas

Muhyiddin menyebutkan pemberian suntikan vaksin kepada siswa SD setelah pembelajaran tatap muka (PTM) digelar 100 persen, meski harus dibagi dalam dua kelas demi menerapkan protokol kesehatan.

Menurut dia, penularan virus varian baru yakni Omicron oleh para epidemiologi disebut cukup cepat sehingga diperlukan langkah nyata dalam melindungi anak-anak seperti pemberian suntikan vaksin.

"Varian Omicron itu kata para ahli lebih cepat menular. Anak-anak rawan terjangkit dan kita butuh tindakan cepat untuk melindungi anak-anak kita, salah satunya dengan menciptakan imun kuat melalui vaksinasi," katanya.

Menurut dia, 60 persen masyarakat Indonesia adalah usia produktif pada 2030 sehingga harus dipersiapkan saat ini dengan melindungi mereka dari penyebaran COVID-19.

"Untuk bisa mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, maka anak harus kita jaga dari risiko berbagai varian baru COVID-19," katanya.

Perlunya dukungan masyarakat

Ia mengimbau masyarakat, para orang tua, dan wali murid untuk mendukung kelancaran program Vaksinasi Merdeka, sebab vaksinasi berguna untuk membentuk kekebalan tubuh anak sebagai upaya pencegahan virus.

Dalam vaksinasi itu, pihaknya menargetkan seluruh siswa SD yang terdata yakni 132 ribu orang lebih bisa menerima suntikan vaksin.