Cegah Lonjakan COVID-19 di Saat Natal dan Tahun Baru, Polres Polewali Mandar Gelar Akselerasi Vaksinasi COVID-19
Masyarakat antusias mengikuti vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan Polres Polewali Mandar. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Sebagai upaya mencegah terjadinya lonjakan COVID-19 di saat Natal dan Tahun Baru, Polres Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat menyelenggarakan akselerasi vaksinasi.

Kapolres Polewali Mandar Ajun Komisaris Besar Polisi Ardi Sutriono, Rabu menjelaskan, akselerasi tersebut digelar untuk mempercepat kekebalan komunal atau "herd immunity".

"Kami kembali menggelar vaksinasi serentak dengan bekerja sama dengan Yamaha, Vaksinasi yang digelar hari ini,  dalam rangka mendukung pemerintah  mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi nasional agar tercapai kekebalan komunal," tegas Ardi Sutriono.

Terlebih menurut Kapolres, pada Desember 2021 banyak kegiatan masyarakat, mulai dari rangkaian ibadah Natal dan liburan tahun baru yang berpotensi menimbulkan lonjakan COVID-19, sebagaimana pengalaman tahun sebelumnya.

"Ini menjadi perhatian kita, bagaimana mencegah terjadinya lonjakan dengan melakukan akselerasi vaksinasi," terang Ardi Sutriono.

Pentingnya sinergi pemangku dan masyarakat

Kapolres menjelaskan, akselerasi vaksinasi akan berjalan sukses apabila ada kebersamaan dan sinergi seluruh pemangku kepentingan dan juga masyarakat. 

"Dengan sinergi, TNI dan Polri, pemerintah raerah dan seluruh 'stakeholder' lainnya ditambah dengan kesadaran masyarakat, target 70 persen vaksinasi bukan hal yang mustahil untuk dicapai di Kabupaten Polewali Mandar," ungkapnya.

"Melihat antusias masyarakat mengikuti vaksinasi pada hari ini saya sangat apresiasi. Ini bukti bahwa masyarakat sadar akan pentingnya vaksin untuk menekan laju COVID-19. Saya berharap kondisi ini terus dipertahankan dan ditingkatkan agar 'herd imunity' segera terbentuk di Provinsi Sulbar, khususnya di Kabupaten Polewali Mandar," terang Ardi Sutriono.

Kapolres mengungkapkan bahwa pelaksanaan akselerasi vaksinasi itu dijalankan atas kerja sama Polres Polewali Mandar dan pihak Yamaha, dengan menyiapkan ratusan hadiah, berupa hadiah utama dua unit sepeda motor.

"Kami mengajak masyarakat ayo gunakan kesempatan ini, dapatkan manfaat vaksin dan dapatkan hadiah utamanya," ujarnya.

"Bukan hanya vaksin tetapi disiplin terhadap protokol kesehatan, harus tetap dijaga karena hanya itu kunci untuk menekan laju penyebaran COVID-19," kata Ardi Sutriono.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!