Terapkan Transformasi Gaya Hidup Elektrifikasi, Pemprov Sulsel Ajak ASN Gunakan Kendaraan Listrik
Ilustrasi. Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman (kiri) dan General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menggunakan kendaraan listrik dan bersama-sama melakukan transformasi gaya hidup elektrifikasi agar lebih ramah lingkungan.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman di Makassar, Rabu 03 November menjelaskan bahwa Pemprov Sulsel sedang masuk pada sistem pengadaan kendaraan listrik, mulai dari kendaraan roda dua dan roda empat.

"Kita tentu akan mendorong ASN menggunakan motor dan mobil listrik supaya ada semangat bersama. Terimakasih banyak kepada PLN yang mensupport kami dengan sistem pengisian stasiun tenaga listrik," ujarnya.

Menurut Andi Sudirman, semua sistem yang memanfaatkan bahan bakar akan dikonversi dengan sistem listrik guna lebih ramah lingkungan. Sekaligus memaksimalkan surplus listrik yang berasal dari berbagai pembangkit listrik khususnya Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Andi Sudirman menyebut bahwa Pemprov Sulsel ingin memanfaatkan surplus energi yang mencapai 584 MW di Sulawesi Selatan sebagai penghasil EBT terbesar di Indonesia dan telah mencapai di atas 20 persen.

"Melalui sinergi PLN dan Pemprov Sulsel ini, kami berharap pula pertanian di Sulawesi Selatan juga dapat lebih produktif lagi dengan pemanfaatan energi listrik dari PLN," tambah Andi Sudirman Sulaiman.

Sediakan SPKLU

Untuk mendukung program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), PLN telah menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berlokasi di Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan Mattoanging Kota Makassar dan akan membangun SPKLU kedua di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan.

Sementara General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid menyatakan bahwa pembangunan SPKLU di area Kantor Gubernur Sulsel ditargetkan bisa selesai di tahun ini.

"Kita buatkan dua stan pengisian listrik dengan masing-masing daya 2 x 25 KW," ujarnya.

Kesiapan PLN juga telah didukung oleh sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel) dengan total daya yang mampu mencapai 2.019 MW, sistem ini mempunyai beban puncak sebesar 1.435 MW, sehingga memiliki reserve margin atau cadangan daya sebesar 584 MW.

Untuk mengoptimalkan cadangan yang ada, PLN mendorong program Electrifying Lifestyle agar surplus daya listrik yang ada dapat tersalurkan ke dalam pemakaian penggunaan kendaraan listrik, kompor induksi, sampai dengan sektor pertanian.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!