Komunitas UMKM Kuliner di Makassar Dukung Perbaikan Ekonomi di Masa Pandemi
Ilustrasi aktivitas UMKM kuliner dengan mitra Gojek untuk mengantarkan pesanan ke pelanggan. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Komunitas UMKM kuliner di Makassar baik secara nasional ataupun terkhusus mendukung perbaikan ekonomi pada masa pandemi COVID-19 dan adaptasi normal baru.

"Komunitas UMKM kuliner rumahan, pada masa pandemi sudah menunjukkan peranannya bahkan hingga pada adaptasi normal baru," kata Manager Regional Corporate Affairs Gojek East Indonesia, Kurniawan Iskandar Dinata dalam keterangan pers di Makassar, Senin 18 Oktober.

Kemitraan UMKM dan layanan jasa daring Gojek melalui GoFood telah menjalankan sektor UMKM sebagai mitra untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan di masa pandemi COVID-19.

Dengan sejumlah inovasi, lanjut dia, kini kemitraan yang tergabung dalam Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) tersebut sudah memasuki usia dua tahun.

Ciptakan lebih banyak lapangan kerja

Melalui kerja sama tersebut, diyakini akan mampu menciptakan lebih banyak lapangan kerja di industri ekonomi kreatif, khususnya di bidang usaha kuliner yang menjadi pemain terbesar pada masa adaptasi normal baru.

Sementara itu, salah satu UMKM "Arafah" yang sebelumnya bergerak di bidang usaha catering, menurut pengelolanya Hj Rosdiani, usaha cateringnya sempat vakum pada awal pandemi COVID-19.

"Namun setelah bergabung dengan KOMPAG, Alhamdulillah perlahan-lahan kami bangkit kembali untuk melayani pelanggan," ujarnya.

Hal senada dikemukakan Musdalifah yang memiliki usaha aneka menu makanan siap saji maupun sembako di kawasan Mannuruki, Makassar.

Dia menjelaskan, sekarang sudah mempunyai banyak pelanggan dan mitra Gojek yang siap mengantarkan ke pelanggan. Sebelumnya, tokonya sempat tutup pada awal pandemi COVID-19.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!