Dorong UMKM Lokal, Dinas Pariwisata Makassar Jalin Kerja Sama dengan Gojek
Ilustrasi suasana pelatihan UMKM kuliner dengan membina para ibu rumah tangga di Kota Makassar. Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Dinas Pariwisata Makassar bekerja sama dengan perusahaan jasa daring Gojek untuk mendorong UMKM lokal bertahan di tengah pandemi COVID-19 dengan menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan.

"Kami mengapresiasi Gojek yang berkomitmen membantu UMKM lokal melalui program pemulihan ekonomi UMKM dengan pelatihan kewirausahaan dan digitalisasi," kata Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto di Makassar, Minggu 14 November.

Dia menjelaskan, kolaborasi Pemkot Makassar melalui Dinas Pariwisata dan GoFood ini, diharapkan dapat membangkitkan UMKM di masa pandemi melalui inovasi dan teknologi.

Inovasi tersebut terutama dapat menunjang perbaikan mutu, daya saing produk, proses pengolahan produk, kemasan dan sistem pemasaran UMKM di lapangan.

Sebagai gambaran, lanjut dia, pihak Gojek telah menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan kepada 38 ibu rumah tangga yang berada di lorong wisata Bambapuang, Kota Makassar.

Pelatihan kewirausahaan Gojek

Selain itu juga diberikan pelatihan kewirausahaan Gojek terkait edukasi mengenai digitalisasi UMKM melalui platform GoFood untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi produk yang dijual.

Sementara itu, District Head Gojek Makassar Adwin Pratama Anas menjelaskan, lorong Bambapuang ini menjadi rumah bagi para UMKM kuliner khas Makassar, termasuk diantaranya kuliner tersohor Kota Makassar, Bakso Iyang Bambapuang atau yang dikenal juga sebagai Bakso Lorong.

"Kami melihat Lorong Bambapuang dapat menjadi daya tarik wisata kuliner bagi warga Makassar dan wisatawan. Hal inilah yang mendorong Gojek untuk memilih lorong ini menjadi Lorong Wisata sekaligus mengangkat UMKM yang bergerak di industri kreatif,” katanya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!