Kapolri Sigit Sebut Indonesia Duduki Peringkat Pertama Se-Asia Tenggara dalam Pengendalian COVID-19
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

MAKASSAR - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebutkan, Indonesia adalah negara dengan peringkat pertama se-Asia Tenggara dalam penanganan COVID-19.

Hal itu ditunjukkan dengan kasus positif COVID-19 harian menurun tajam. Di mana kasus harian sempat mencapai angka puluhan ribu, saat ini hanya berjumlah ratusan.

"Saat ini kita berada di peringkat 1 di Asia Tenggara untuk pengendalian laju COVID-19," ujar Listyo Sigit di Lion Star Grup, Jakarta Utara, Jumat, 29 Oktober.

Jauh di bawah standar WHO

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), angka positif rate skala nasional jauh di bawah standar WHO. Di mana, saat ini berada di 0,5 persen.

"Selama beberapa minggu terakhir angka kita positif rate-nya jauh di bawah 1 tapi 0,5 persen," ungkap Sigit.

Karena itu, Sigit mengimbau dengan tegas kepada seluruh masyarakat untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan. Meskipun saat ini pemerintah telah melonggarkan aktivitas terutama di sektor ekonomi.

Penekanan itu karena ada hasil survei yang mengungkapkan jika potensi penyebaran COVID-19 masih sangat tinggi. Terutama pada waktu istirahat dalam bekerja.

"Ini yang tolong betul-betul diperhatikan. Sehingga kita tetap mempertahankan pengendalian laju COVID-19 ini bisa kita maksimalkan," tutup Sigit.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!