Dinsos Makassar Sebut 16.480 KPM Lolos Verifikasi Penerima Bansos Tahap 2 di Tengah Penerapan PPKM
Pengangkutan paket bansos PPKM dari gudang Bulog Makassar untuk segera disalurkan ke masyarakat terdampak PPKM di Kota Makassar. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Sebanyak 16.480 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dinyatakan lolos verifikasi sebagai penerima bantuan sosial (bansos) tahap kedua oleh Dinas Sosial Kota Makassar, Sulawesi Selatan terkait dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Makassar Rusmayani Madjid di Makassar, Senin 27 September, mengungkapkan pihaknya sudah menyimpan data calon KPM sekitar 18.000 keluarga berasal dari 15 kecamatan di daerah itu, sedangkan lolos verifikasi 16.480 KPM.

"Kita telah melalui proses pengumpulan data dan segera lakukan verifikasi secara ketat kepada masyarakat agar bantuan ini menyeluruh dan tidak ada yang dobel," katanya.

Pada hari ini, pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi bersama beberapa pihak, seperti kepolisian serta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terkait dengan penyaluran bansos tahap kedua

Dia menjelaskan pengadaan hingga penyaluran bansos harus hati-hati dan mesti diketahui berbagai pihak, sebab saat ini kasus COVID-19 Makassar sudah melandai dan terjadi pergeseran status penerapan PPKM menjadi level 2 di Makassar.

"PPKM kan sudah level 2, jadi kita tidak ingin gegabah ambil keputusan, kita ingin yang terbaik bagi masyarakat namun tentu sesuai dengan aturan yang ada. Makanya kami berkoordinasi kepada pihak berwenang untuk langkah selanjutnya," kata Rusmayani Madjid yang mantan Kepala Dinas Pariwisata Makassar tersebut.

Bansos tahap kedua

Selanjutnya mengenai keberlanjutan program bansos tahap kedua, Dinsos Makassar masih menunggu hasil kajian BPKP yang diusahakan bisa segera ditentukan.

"Jika memang bisa, maka 16 ribuan data ini akan kembali kita buatkan SK penerima bansos oleh Wali Kota Makassar, kemudian pengadaan lalu penyaluran," kata dia.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar menyiapkan kuota sebanyak 100.000 keluarga untuk menjadi penerima bansos, tetapi dalam prosesnya hanya 70.488 KPM yang berhasil lolos verifikasi dan semuanya telah disalurkan.

Melalui Dinsos Makassar, Pemkot Makassar masih menyediakan kuota penerima bansos 29.512 paket, tetapi target ini tidak bisa dicapai karena disesuaikan dengan data yang lolos verifikasi.

Penerima bansos PPKM Kota Makassar ialah KPM yang sama sekali belum pernah menerima program bantuan pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!