Gubernur Sulsel Kembangkan Destinasi Wisata Andalan Bukit Ollon Toraja dengan Anggaran Rp20 Miliar
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (dua kanan) melihat pemandangan di Bukit Ollon, Kabupaten Tana Toraja. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memopulerkan destinasi wisata Bukit Ollon yang berlokasi di pelosok Kabupaten Tana Toraja, Sulsel.

Bukit Ollon yang kini sedang dikembangkan menjadi destinasi andalan ini terletak di Desa Buakayu, Kecamatan Bonggakaradeng, Tator.

"Kita sangat suprise dengan tempat ini, kelihatannya sangat menarik dan  sudah ada pengunjung reguler yang datang ke Ollon," kata Andi Sudirman dalam keterangannya di Makassar, Senin 06 September.

Bukit Ollon terdiri dari hamparan bukit dan lahan hijau yang luas, serta sungai jernih mengalir di sepanjang bukit. Suasananya seperti kondisi alam berbukit di Swiss, lengkap dengan hewan ternaknya.

Menurut dia, jika ingin menikmati alamnya lebih dekat, berkemah menjadi pilihan menarik untuk berlibur. Hal itu telah dirasakan langsung Andi Sudirman Sulaiman, dalam kunjungan kerjanya di Tana Toraja.

Ia juga melakukan dialog dengan Bupati Tana Toraja dan tokoh masyarakat di Ollon, untuk mengetahui kebutuhan dan harapan pemerintah serta masyarakat setempat.

Gelontorkan anggaran Rp20 miliar

Pemprov Sulsel sendiri menggelontorkan anggaran Rp20 miliar untuk difokuskan pada perbaikan jalan dan fasilitas pendukung obyek wisata di Tana Toraja tahun ini.

"Saya juga begitu mengetahui tentang tempat ini, langsung memberikan bantuan Rp20 miliar untuk akses jalan. Karena persoalan utama di sini adalah masalah akses menuju ke tempat ini," ucapnya.

Ia berharap, bantuan keuangan daerah yang diberikan Pemprov Sulsel kepada Pemerintah Kabupaten Tana Toraja, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk wisata di Toraja yang lebih baik dan mengembalikan kejayaannya.

"Sekiranya nanti dibangun dengan bantuan keuangan oleh Pemda, ini nanti kita bisa manfaatkan untuk menjadi fasilitas wisata. Dimana harapan kami nanti dikelola oleh masyarakat sekitar yang dapat menambah penghasilan mereka," ujarnya.

"Tempat ini layak dikunjungi, sangat cantik, ayo datang," tambahnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!