Plt Gubernur Sulsel Minta PDPI Beri Masukan Terkait Penanganan COVID-19
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman pada Kongres Nasional PDPI 2021 di Makassar.ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Bagikan:

MAKASSAR - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman meminta Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) untuk memberikan masukan terkait kebijakan penanggulangan COVID-19 di daerah itu.

Dalam keterangannya di Makassar, Jumat 03 September, Andi Sudirman Sulaiman mengakui peran dokter paru di awal masa pandemi cukup besar dan begitu vital dalam penanganan COVID-19.

"Dokter paru orang yang bantu kami di masa krisis dari awal pandemi hingga saat ini. Para dokter ini yang memberikan pendampingan dan penanganan karena pandemi yang dialami berkenaan dengan sistem pernafasan kita," katanya.

Fokus PDPI

Sementara itu, Ketua Umum PDPI dr Agus Dwi Susanto menjelaskan selama pandemi COVID-19, PDPI telah memberikan banyak peran, terutama dalam memberikan pelayanan kepada pasien COVID-19.

"Kami juga senantiasa mengikuti perkembangan yang ada dan selalu berupaya meningkatkan kesehatan paru masyarakat Indonesia," ucapnya.

Yang menjadi fokus PDPI saat ini, kata dr Agus, tidak hanya pada persoalan COVID-19, tetapi juga penyebaran penyakit Tuberculosis atau TBC yang jumlahnya cukup tinggi.

Ia menilai kasus TBC juga harus mendapat penanganan lebih lanjut dan lebih serius.

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!