13 Anggota di Polda Maluku Dipecat dengan Tidak Hormat Karena Terlibat Perzinaan, Narkoba Hingga Desersi,
Ilustrasi-Kapolres Nagan Raya AKBP Giyarto meninggalkan lapangan upacara usai melakukan upacara PDTH (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Polda Maluku melakukan pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH)  terhadap 13 anggota yang bermasalah karena terjerat kasus pidana dan desersi atau lari dari tugas.

"Jumlah tersebut terhitung sejak Februari hingga Juli atau Semester I 2021," kata Kabid Humas Polda Maluku Kombes Roem Ohoirat di Ambon, Antara, Selasa, 31 Agustus. 

Beberapa kasus pidana yang ditemukan misalnya narkoba, asusila, perzinaan, hingga desersi.

Keputusan PTDH terhadap mereka melalui prosedur hukum. Khusus yang berkaitan dengan pidana umum, seperti narkoba, asusila, dan perzinahan, melalui proses peradilan hingga putusan hukum dinyatakan inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

"Keputusan pemecatan melalui prosedur hukum yang panjang, juga harus melalui sidang kode etik Polri hingga terbit keputusan PTDH," katanya.

Ia menyesalkan perbuatan indisipliner belasan anggota Polda Maluku karena pelanggaran yang dilakukan sudah sering diingatkan oleh pimpinan.

Empat anggota dijatuhi hukuman penjara

Tindakan tegas yang diterapkan bagi mereka yang terbukti melanggar kode etik, kata dia, dilakukan sebagai bentuk penghargaan kepada anggota yang selama ini sudah bertugas dengan baik.

Hingga Senin kemarin, tercatat empat anggota Polda Maluku dipecat karena terlibat kasus narkoba dan dijatuhi hukuman lebih dari 1 tahun penjara yakni, Bripka Ilham Lembang, Brigpol Elvandeed Matruty, dan Brigpol Afrizal Masaoi, serta Bripda Faisal yang dipecat karena disersi dihukum 1 tahun penjara.

Roem Ohoirat menyatakan, PTDH terhadap mereka juga untuk menjadi pembelajaran kepada semua anggota Polri.

"Siapa yang bertugas dengan baik melayani masyarakat akan mendapat penghargaan, sedangkan siapa yang melanggar kode etik akan mendapat hukuman," ucapnya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!