Percasi Sulbar Targetkan Perolehan Medali Perak pada PON XX Papua
Manajer Atlet Catur Sulbar Aco Irdam Tadulangi. (ANTARA/HO/Dokumentasi Pribadi)

Bagikan:

MAKASSAR - Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Sulawesi Barat menargetkan medali perak pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, yang akan dilaksanakan 2-15 Oktober 2021.

Manajer atlet Catur Sulbar Aco Irdam Tadulangi, dihubungi di Mamuju, Minggu menyatakan, Percasi Sulbar hanya meloloskan satu atlet untuk berlaga di PON XX Papua.

Namun, ia mengaku optimistis, Muhammad Johar, pecatur Sulbar yang berhasil meraih medali perak pada ajang PON XIX Jawa Barat pada 2016 itu, akan menorehkan prestasi terbaik pada ajang pesta olahraga nasional empat tahunan itu.

"Yang jelas kita punya target. Kemudian KONI Sulbar memprioritaskan dan berharap cabang olahraga catur merupakan cabor unggulan untuk dapat meraih prestasi di ajang PON XX di Papua," jelas Aco Irdam Tadulangi.

"Intinya adalah proses kesiapan kita sampai hari ini adalah meraih medali, minimal medali perak, seperti yang pernah diraih Muhammad Johar, saat PON XIX di Jawa Barat," tambahnya.

Hanya loloskan satu atlet catur

Saat pra-PON lanjutnya, Sulbar hanya meloloskan satu atlet catur perorangan untuk berlaga pada ajang PON XX di Papua, yakni Muhammad Johar.

Ia menyampaikan, pada PON XX di Papua, Sulbar akan mengikuti tiga kategori, yakni catur cepat 10 menit, kemudian kategori catur standar dan kategori catur klasik.

"Saat pra-PON, kita hanya mampu meloloskan satu atlet catur perorangan, tapi satu atlet catur ini bisa mengikuti tiga kategori itu," ujar Aco Irdam Tadulangi.

Ikuti info dan berita lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!