Viral Atlet Jabar Peraih Emas PON Papua Pulang dengan Angkutan Umum, Berikut Klarifikasi dari Kang Emil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (DOK. Humas Pemprov Jabar via ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Atlet cabang olahraga selam yang meraih medali emas di PON XX Papua 2021, Dhea Nazhira viral usai pulang ke kampungnya menggunakan angkutan umum. 

Dhea terlihat didampingi ibunya, Desi Arisandi dan baru tiba di Kota Ciamis, Jawa Barat sambil membawa barang bawaan. Dhea lalu menjelaskan bahwa ia berangkat dari Bandung dengan menumpang bus umum.

Kemudian muncul isu bahwa Dhea tidak menerima perhatian dari pemerintah daerah terkait kepulangannya seusai berlaga membela Jabar di PON Papua.

Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil angkat bicara soal ini. Kepulangan atlet peraih medali emas cabang olahraga selam PON XX Papua 2021 menggunakan bus umum merupakan pilihan sang atlet.

Bermaksud berikan kejutan

Dhea, kata Kang Emil--sapaan akrab Ridwan Kamil--bermaksud memberikan kejutan kepada keluarga. Dhea tidak ingin menggunakan kendaraan yang sudah disediakan panitia. Sebab, Dhea tidak ingin kepulangannya disambut dengan meriah.

"Atlet kebanggaan ini memberikan keterangan bahwa ia ingin bikin surprise ke keluarganya dan tidak mau kepulangannya diramai-ramaikan oleh pemerintah setempat, sehingga memilih pulang naik kendaraan umum ketimbang yang disediakan panitia," ujar Kang Emil dalam siaran pers Humas Pemprov Jabar, Kamis.

"Namun semua ini sudah dievaluasi kepada KONI Provinsi dan Kota/Kabupaten agar berkoordinasi dengan lebih matang, sehingga tidak menjadi salah prasangka. Tetap semangat untuk semua atlet Jawa Barat. Kemenangan sudah dekat. Insya Allah," tuturnya.

Peluang Jabar untuk menjadi juara umum sangat terbuka lebar. Dari situs resmi KONI Jabar pada Kamis pukul 08:00 WIB, Jabar masih memuncaki klasemen perolehan medali dengan 125 emas, 97 perak, dan 114 perunggu.

Sementara Jawa Timur yang sudah merangkum 106 emas, 86 perak, dan 80 perunggu berada di posisi kedua. Sedangkan DKI Jakarta menempati peringkat ketiga dengan perolehan medali 100 emas, 87 perak, dan 96 perunggu.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!