Menag Yaqut: Vaksinasi COVID-19 Termasuk Salah Satu Bentuk Ketaatan dalam Agama
Menag Yaqut Cholil Qoumas (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Choumas mengimbau seluruh masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi. Sebab, ia menyebut program vaksinasi COVID-19 saat ini termasuk menjalankan ajaran agama.

"Program vaksinasi ini merupakan penjabaran dari ajaran agama, kalau kita mau gali lebih dalam lagi," kata Yaqut dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis, 22 Juli.

Menurut Yaqut, setiap umat beragama wajib menjaga keberlangsungan hidup sebagai karunia tuhan yang paling besar. Ia bilang, menjaga kehidupan adalah langkah yang paling mulia agar bisa selalu mengagungkan tuhan lebih lama semasa hidup kita.

Vaksinasi adalah salah satu cara menjaga keberlangsungan hidup karena dapat meminimalisasi risiko buruk yang akan dialami saat tertular COVID-19.

"Sehingga, program vaksinasi yang sedang dijalankan pemerintah ini sejalan dengan seperti kita beragama untuk menjaga keberlanjutan kehidupan," ucap dia.

Per tanggal 21 Juli, telah ada 42.611.602 orang yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan 16.606.675 vaksinasi dosis kedua. Sementara, target sasaran vaksinasi di Indonesia sebanyak 208.265.720 orang.

Tetap terapkan prokes

Lebih lanjut, Yaqut mengajak masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan meski program vaksinasi telah dilakukan. Terlebih, saat ini pemerintah masih menerapkan kebijakan PPKM Level 4 dan Level 3 hingga 25 Juli mendatang.

"Kebijakan ini adalah bentuk perngobanan dan pilihan sulit yang perlu didukung demi kebaikan bersama. Pilihan yang sulit ini hanyalah demi menyelamatkan masyarakat yang lebih luas," ucap Yaqut.

"Kepada masyarakat yang berada di zona PPKM Lvel 4 dan 3, zona merah atau oranye, kami terus mengajak untuk menjalankan aktivitas dan beribadah di rumah untuk sementara waktu sampai situasi memungkinkan untuk kita semua melakukan mobilitas," lanjutnya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!