Satgas COVID-19 Makassar Selenggarakan Vaksinasi Serentak di 47 Puskesmas
Seorang warga menjalani vaksinasi COVID-19 di Gerai Vaksin Presisi di Klinik Bhayangkara Makassar, Sulawesi Selatan. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Satuan Tugas  COVID-19 Kota Makassar, Sulawesi Selatan, menjalankan vaksinasi serentak secara gratis di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat  per 1 Juli 2021.

"Iya (vaksin serentak) seluruh Puskesmas ada 47 unit," ucap Pelaksanaan tugas Kepala Dinas Kesehatan Makassar, dr. Andi Hadijah Iriani saat di konfirmasi, Jumat 02 Juli.

Vaksinasi serentak tersebut sesuai program pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo dengan menargetkan realisasi vaksinasi satu juta per hari pada semua daerah di Indonesia per 1 Juli 2021.

Untuk Kota Makassar, tim Satgas COVID-19 melalui tim Covid Hunter, tambah dia, telah menyiapkan kouta 200 ribu dosis vaksin jenis Sinovac diperuntukkan bagi warga kota. Pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk datang ke Puskesmas terdekat agar mendapatkan vaksin secara gratis.

Di tempat terpisah, vaksinasi serentak juga berlangsung di Masjid Nurul Majid, Jalan Gunung Merapi, Kelurahan Pisang, Kecamatan Ujungpandang. Sebanyak 120 orang terdiri dari pengurus masjid, iman dan marbot masjid serta warga setempat disuntikan vaksin. Vaksinasi tersebut atas kerja sama Pemkot Makassar dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

"Ada 120 orang yang divaksin. Ini baru pertama untuk pengurus masjid di sini, dan akan dilanjutkan ke masjid lainnya nanti. Vaksinasi ini kerja sama DMI dengan Pemkot melalui tim Satgasnya," ujar Humas DMI Makassar, Ismun.

Seratus Penyandang Disabilitas Ikut Divaksin

Di lokasi lainnya, vaksinasi Covid-19 juga berlangsung di Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya Makassar. Seratusan penyandang disabilitas ikut divaksin oleh Satgas dari Dinas Kesehatan melalui tim di Puskesmas setempat, dengan kouta disiapkan 300 dosis.

"Kita targetkan 300 orang per hari ini, tapi tidak semua datang, hanya seratusan. Mereka yang divaksin teman-teman difabel, keluarganya dan pengiat inklusif. Tapi ada juga dari pekerja swasta, guru ikut divaksin hari," ujar Direktur Pergerakan Difabel Indonesia untuk Kesetaraan (PerDIK) Sulawesi Selatan Abdul Rahman.

Vaksinasi serentak juga berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Sudiang, Jalan Pajaiyya, Kecamatan Biringkanaya. 

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!