Berita Sulsel Terbaru: Kemenag Sebut Daftar Tunggu Jemaah Calon Haji Luwu Timur Sampai 30 Tahun
Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan saat mengikuti manasik haji sebelum diberangkatkan ke TAnah Suci Mekkah, Arab Saudi, Senin (6/6/2022). FOTO ANTARA/HO-Kemenag Luwu Timur)

Bagikan:

MAKASSAR - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Misbahuddin menjelaskan bahwa daftar tunggu jamaah calon haji (JCH) di daerahnya itu mencapai 30 tahun.

"Kalau untuk daftar tunggu jamaah calon haji di Luwu Timur estimasinya mencapai 30 tahun. Semoga pengiriman haji tahun depan bisa kembali normal bahkan ditambah kuotanya sehingga daftar tunggu bisa lebih berkurang," katanya melalui keterangan dikutip Antara, Senin, 6 Juni.

Dia menjelaskan, Kabupaten Luwu Timur menerima kuota haji sebanyak 73 orang pada pemberangkatan periode 1443 Hijriah/2022 Masehi atau lebih sedikit dari kuota awalnya yakni 155 orang JCH.

Dia menyatakan, JCH asal Luwu Timur ini akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Sudiang Makassar pada 25 Juni 2022 pukul 19.00 WITA.

Akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 26 Juni 2022

Rencananya, JCH akan diterbangkan ke Tanah Suci di Arab Saudi pada 26 Juni 2022 pukul 19.00 WITA, bersama JCH asal Kota Makassar, Kabupaten Pangkep dan Provinsi Maluku Utara yang tergabung dalam Kloter 12 Embarkasi Makassar dengan menumpang pesawat Garuda GA.1112.

"Untuk tahun ini kita dapat kuota haji cuma 73 orang dari sebelumnya 155 orang jemaah haji. Pengurangan kuota ini karena masih pandemi dan itu juga keputusan dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi," katanya.

Dia menegaskan saat ini, daftar tunggu calon jamaah haji di Kabupaten Lutim sejumlah 4.443 orang, dengan estimasi waktu tunggu selama 30 tahun.

Untuk tahun ini jemaah haji tertua di Lutim berusia 63 tahun atas nama Kurdia Binti Jamaluddin dari Desa Rante Angin Kecamatan Towuti, dan termuda berusia 28 tahun atas nama Aslina Binti Suardi dari Desa Lambarese Kecamatan Berau.