Berita Sulsel Hari Ini: Penuhi Kebutuhan Uang Tunai, BI Sulsel Terjunkan Mobil Kas Keliling
Suasana pelepasan mobil kas keliling oleh Kepala Perwakilan BI Sulsel Causa Iman Karana didampingi kepala Perwakilan bank pemerintah dan swasta di halaman Kantor BI Sulsel di Makassar. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Causa Iman Karana menerjunkan mobil kas keliling dari sejumlah bank pemerintah dan swasta untuk memenuhi kebutuhan uang tunai pecahan kecil.

Didampingi para kepala perwakilan bank pemerintah dan swasta, Kepala Perwakilan BI Sulsel melepas satu per satu mobil kas keliling yang membawa uang tunai pecahan kecil untuk melayani 18 titik di Makassar, Kamis.

Selain penukaran uang tunai pecahan kecil seperti pecahan Rp5.000, Rp10.000 dan Rp20.000 melalui mobil kas keliling, penukaran uang tunai tersebut juga dapat dilakukan di kantor cabang bank swasta dan pemerintah di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel Rudy B Wijanarko mengimbuhkan, khusus untuk layanan kas keliling akan melayani setiap hari Selasa dan Kamis. Mobil kas keliling itu akan melayani hingga enam kali sebelum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Jadi akan melayani hingga tanggal 26 April 2022 dan untuk semua layanan baik kas keliling atau melalui kantor cabang, nasabah atau yang mau menukar uang harus melalui aplikasi PINTAR yakni https://pintar.bi.go.id sebelum ke lokasi pelayanan," katanya.

Penukaran uang tunai setiap orangnya dibatasi

Lebih jauh dijelaskan, setiap orang dibatasi penukaran uang tunai maksimum Rp3,8 juta dan membawa KTP sebagai persyaratan. Pembatasan menukar uang tunai itu dilakukan untuk menghindari adanya yang memanfaatkan momen ini untuk memperjualbelikan uang pecahan kecil.

Dia mengatakan, untuk penukaran setiap jenis uang pecahan kecil harus per pak, agar tidak menyulitkan petugas, selain efisiensi waktu yang digunakan dalam melayani, sehingga antrean panjang dapat diminimalisasi.

Melalui penukaran uang tunai dengan tema Semarak Ramadhan BI (Serambi) itu, ia optimistis uang tunai sebanyak Rp4 triliun lebih dapat memenuhi kebutuhan masyarakat hingga di pelosok pedesaan dan pulau-pulau terluar, melalui perpanjangan tangan Bank BRI yang memiliki banyak kantor unit.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.