Dukung Pengamanan Laut, Danlantamal VI Serahkan Kapal Motor Cepat
Suasana penyerahan satu unit Kapal Motor Cepat (KMC) dan satu unit sepeda motor dari Danlantamal VI Laksamana Pertama TNI Dr Benny Sukandari secara simbolis. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI (Danlantamal VI Makassar) Laksamana Pertama TNI Dr Benny Sukandari menyerahkan Kapal Motor Cepat (KMC) dan sarana prasarana sepeda motor kepada Satuan Patroli Mako Lantamal VI.

Penyerahan 1 unit KMC dan 1 unit sepeda motor tersebut dilakukan Danlantamal VI kepada Dansatrol Lantamal VI Letkol Laut (P) Anis Latif secara simbolis di dermaga Layang Mako Lantamal VI Makassar, Senin.

Danlantamal VI menjelaskan, kehadiran Kapal KMC jenis kapal "Sea Hunter B 12" yang diadakan oleh Baranahan Kementerian Pertahanan ini untuk penambahan kekuatan unsur laut.

Kapal yang diproduksi oleh Galangan Kapal PT Mega Perkasa Engineering Tangerang, Banten, ini mempunyai spesifikasi teknis panjang 12 meter, lebar 2 Meter, dan menggunakan 2 mesin dengan sistem pendorong water jet.

Digunakan untuk patroli penindakan aksi kejahatan di laut

KMC ini, lanjut Danlantamal VI, dilengkapi dengan peralatan GPS, radar, echo sounder, dan map navigation (peta navigasi). Kapal tersebut juga mampu melaju hingga kecepatan 35 knot serta mampu beroperasi di laut dangkal dan sempit.

Kapal ini sangat cocok digunakan untuk patroli penindakan aksi kejahatan di laut, dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan kapal, antara lain faktor cuaca dan sea state, ujar Danlantamal VI.

Untuk pengoperasian kapal itu secara optimal, Danlantamal VI menyerahkan pembinaan KMC kepada Dansatrol Lantamal VI. Selain itu, juga menyerahkan 1 unit kendaraan roda dua jenis trail untuk mendukung tugas operasional satuan di lapangan.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Marsono dan para Asisten Danlantamal VI serta para Kadis dan Kasatker Lantamal VI.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.