TNI AL di Makassar Gelar Donor Plasma untuk Tolong Pasien COVID-19
Suasana kegiatan donor darah plasma konvaselen yang digelar pihak TNI AL di Lantamal VI Makassar. (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - TNI AL di Makassar (Lantamal VI Makassar) menggelar donor plasma konvalesen dan donor darah biasa untuk membantu dan menolong pasien COVID-19.

Pelaksanaan donor darah tersebut bertempat di Gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI, Kamis 12 Agustus.

Menurut Danlantamal VI Makassar Laksamana Pertama TNI Dr Beny Sukandari, kegiatan donor TNI AL dengan tema “Memberikan Darah, Menyelamatkan Kehidupan” tersebut merupakan bentuk implementasi perintah dan petunjuk dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Dia mengatakan gerakan serentak donor plasma konvalesen bagi penyintas COVID-19 dan donor darah reguler bertujuan untuk membantu persediaan stok darah dan plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI).

Saat meninjau pelaksanaan donor, Danlantamal VI Makassar menjelaskan pelaksanaan kegiatan donor plasma konvalesen di Mako Lantamal VI sudah dilaksanakan sejak 31 Juli 2021 diawali dengan Screening siswa Satdik-2 Makassar sejumlah 95 orang dan memenuhi syarat sebagai pendonor 11 orang.

Berhasil terdonor 8 orang

Selanjutnya pelaksanaan donor plasma dilaksanakan di Kantor UDD PMI Jl. Kandea Kota Makassar pada 1 Agustus 2021 kemarin dan berhasil terdonor 8 orang.

Sedangkan pada saat ini dilaksanakan screening donor plasma konvalesen dengan target 72 orang terdiri dari prajurit Militer 51 orang, PNS Lantamal VI 20 orang dan keluarga besar Lantamal VI 1 orang.

"Bagi calon peserta donor yang memenuhi syarat akan dimobilisasi ke UDD PMI Makassar pada tanggal 13 Agustus 2021 untuk pelaksanaan donor plasma konvalesen," ujarnya.

Selain itu juga diadakan juga donor darah reguler (Darah Biasa) dengan target 205 orang terdiri dari prajurit Militer 50 orang, PNS Lantamal VI 50 orang, keluarga besar Lantamal VI 20 orang dan masyarakat unsur Maritim sebanyak 85 orang.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Ws Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (E) Sadikin Rijali, Ketua Korcab VI DJA II, Asrena Danlantamal VI, Aspotmar Danlantamal VI, Dansatrol Lantamal VI, Dan Denma Lantamal VI, Kadispotmar Lantamal VI, Kadiskes Lantamal VI, Karumkit TNI AL Jalaamari Lantamal VI dan Ketua UDD PMI Kota Makassar.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!