Berita Mamuju Terbaru: Pemkab Mamuju Selenggarakan Pelatihan SAR di Wilayah Ketinggian
Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan pelatihan search and rescue (SAR) di wilayah ketinggian di Mamuju. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menjalankan pelatihan search and rescue (SAR) di wilayah ketinggian.

"Pelatihan bencana sangat penting di Mamuju mengingat daerah ini seringkali tertimpa atau daerah rawan bencana," jelas Bupati Mamuju Sutinah Suhardi Duka di Mamuju, Selasa 15 Maret.

Ia menjelaskan, pemerintah di Mamuju sangat mengapresiasi Basarnas Mamuju yang sudah bersedia memberikan pelatihan SAR di daerah ketinggian.

Menurut dia, pelatihan tersebut merupakan mitigasi bencana dan akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan sumber daya manusia yang siap melakukan penanganan bencana.

Ia menyebutkan, pemerintah Mamuju juga memberi apresiasi atas keikutsertaan sejumlah komponen dalam pelatihan yang dilaksanakan Basarnas Mamuju di Kecamatan Kalukku.

Menurut dia, peserta pelatihan adalah orang yang mempunyai rasa tanggung jawab kemanusiaan yang sangat tinggi.

Pelatihan diikuti berbagai kelompok masyarakat

Sebelumnya, kepala kantor Basarnas Mamuju, Muhammad Arif Anwar, mengungkapkan, peserta pelatihan yang diselenggarakan diikuti berbagai kelompok masyarakat, mulai dari perwakilan TNI dan Polri, BPBD, Tagana hingga sejumlah kelompok pencinta alam dari wilayah kabupaten Mamuju serta Kabupaten Mamuju Tengah.

Ia menyampaikan, pelatihan SAR ketinggian ini penting untuk digelar, karena saat pembongkaran Mesjid Suhada Mamuju yang dirusak gempa pada 15 Januari 2021 lalu telah mengakibatkan korban jiwa.

"Banyak potensi masyarakat yang ingin membantu saat terjadi bencana namun tidak jarang mereka justru dapat membahayakan diri sendiri saat akan melakukan pertolongan, sehingga dibutuhkan pelatihan menghindari resiko dan dampak yang lebih besar atas kejadian bencana terharap para relawan kemanusiaan," katanya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.