Pemkot Makassar Anggarkan Rp200 Miliar untuk Bangun Mal Pelayanan Publik
Pekerja menyelesaikan perbaikan gedung Balai Kota Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan telah menyediakan anggaran Rp200 miliar untuk membangun mal pelayanan publik di lokasi area publik Taman Macan sebagai upaya mempercepat birokrasi bagi masyarakat.

"Gedung Mal pelayanan publik ini rencana dibangun delapan lantai, di dalamnya dibuat beberapa kantor dinas yang akan memberikan pelayanan bagi masyarakat," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Helmy Budiman, saat dikonfirmasi, Senin 03 Januari.

Ia menjelaskan anggaran untuk pembangunan gedung baru tersebut sudah masuk dalam APBD 2022 dan telah mendapatkan persetujuan dari DPRD Makassar.

Pembangunan ini, tambah Helmy, nantinya akan beriringan dengan penataan Balai Kota sebagai objek wisata cagar budaya. Desain bangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) tersebut juga sudah disiapkan.

Total restorasi sekitar Rp1 triliun

Rencananya, sebagian kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan pindahkan ke Taman Macan, seperti Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Makassar.

Selanjutnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Informasi dan Informatika (Kominfo), Dinas Koperasi, Dinas Pendidikan dan lainnya.

Dalam berbagai kesempatan, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menjelaskan pembangunan MPP ini telah dianggarkan Rp200 miliar, sehingga secara total restorasi diperkirakan akan menelan anggaran sekitar Rp1 triliun.

Awalnya, MPP akan dibangun di lokasi Reklamasi Central Poin of Indonesia (CPI) bersama dengan Pemerintah Provinsi Sulsel.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!