Terdampak Abrasi, Posmat TNI AL Takalar Gerak Cepat Selamatkan Warga
Sejumlah personel Posmat TNI AL Takalar membantu warga yang rumahnya rusak akibat abrasi pantai dan angin kencang. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pos Pengamat (Posmat) TNI AL Takalar bergerak cepat mengevakuasi warga yang terkena dampak abrasi pantai akibat terjangan gelombang ombak di Dusun Boddia, Kecamatan Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Selasa 07 Desember, Komandan Posmat (Danposmat) Takalar Serma Nav Nasruddin menyebutkan, abrasi pantai menyebabkan beberapa rumah milik warga Dusun Boddia rusak berat diterjang ombak besar dan angin kencang.

"Ada beberapa warga yang tinggal di pesisir pantai dan begitu terjadi abrasi pantai menyebabkan rumah rusak setelah diterjang ombak besar dan angin kencang," ujarnya.

Serma Nav Nasruddin menyebutkan, bersama dengan anggota lainnya serta Babinpotmar dan Babinsa setempat, dirinya turut membantu warga bergotong royong mengatur pemukiman warga Dusun Boddia yang terdampak abrasi dari ombak besar yang terjadi sepanjang malam.

Dirikan posko pengungsian

Dia menerangkan pihaknya berkoordinasi dengan Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Takalar Nuriksan Nurdin untuk mendirikan posko pengungsian sementara.

"Posko pengungsian sementara untuk korban abrasi pantai ini dibutuhkan karena rumah rusak berat, tidak bisa di tempati," katanya.

Serma Nav Nasruddin mengaku jika warga korban abrasi pantai ini sangat memerlukan bantuan, apalagi di tengah cuaca buruk yang saat ini terjadi di Sulawesi Selatan.

"Dengan situasi dan kondisi cuaca buruk yang masih melanda wilayah pesisir Galesong saat ini, kita mengimbau warga Galesong khususnya yang berprofesi sebagai nelayan untuk tidak memaksakan diri melaut," ucapnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!