Plt Gubernur Sulsel Beri Instruksi kepada BPBD untuk Segera Salurkan Bantuan ke Soppeng
Banjir bandang menggenangi sejumlah titik di Kabupaten Soppeng. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman memberikan instruksi kepada BPBD Sulsel agar segera menyalurkan bantuan untuk korban banjir bandang di Kabupaten Soppeng.

"Saat ini menyiapkan bantuan logistik pangan dan perlengkapan keluarga (family kit) oleh Tim BPBD Provinsi untuk segera menuju lokasi banjir di Kabupaten Soppeng," kata Andi Sudirman di Makassar, Senin 06 Desember.

Berdasarkan data dari BPBD Soppeng, hujan yang terus menerus sejak 5 Desember 2021, pukul 18.30 sampai hari ini mengakibatkan sungai Paddangeng, Sungai Lawo, dan Sungai Belo meluap ke pemukiman warga.

Akibatnya empat desa/kelurahan di tiga kecamatan banjir, yakni di Kelurahan Ompo dan Desa Maccile di Kecamatan Lalabata; Desa Belo di Kecamatan Ganra; Desa Paddangeng di Kecamatan Donri-Donri.

Dua unit rumah terbawa arus

Banjir ini pun mengakibatkan dua unit rumah beserta sejumlah barang dalam rumah itu terbawa arus banjir dan satu unit rumah bergeser.

Adapun jumlah rumah yang terendam banjir masih dalam tahap asesmen oleh tim BPBD Kabupaten Soppeng.

Andi Sudirman mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dalam rangka mengantisipasi dampak curah hujan yang tinggi.

Apalagi BMKG Wilayah IV memperkirakan cuaca tiga hari ke depan hingga tanggal 7 Desember 2021 berpotensi hujan dengan intensitas tinggi di beberapa daerah di Sulsel.

Ia pun meminta BPBD provinsi dan kabupaten/kota untuk menentukan langkah siap siaga menghadapi kondisi cuaca saat ini.

"Kita harap bantuan ini dapat meringankan korban banjir. Serta untuk BPBD terus siaga untuk memastikan pemenuhan bantuan bagi korban," ucapnya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!