Gubernur Sulsel Beri Bantuan untuk Korban Banjir Makassar
Gubernur Sulawesi Selatan meninjau dan membawa bantuan kepada korban banjir di Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Sabtu,(19/11/2022).ANTARA/HO-Pemprov Sulsel

Bagikan:

MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, meninjau sekaligus membawa bantuan untuk diserahkan kepada korban banjir di Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

"Sudirman juga menyempatkan diri berdiskusi dengan masyarakat, selanjutnya menyerahkan bantuan logistik kepada korban terdampak banjir.

"Kita meninjau sekaligus membawa bantuan untuk korban terdampak banjir di Biringkanaya," ujarnya dilansir ANTARA, Sabtu, 19 November.

Andi Sudirman mengimbau kepada seluruh jajaran pemerintah di Sulsel terkait kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana pada puncak musim hujan ini. Mulai dari lembaga/instansi vertikal, dinas lingkup Pemprov Sulsel, pemerintah kabupaten/kota, kepala desa/lurah, Babinkantimbas dan Babinsa.

"Bantuan logistik BPBD Sulsel dan bantuan logistik Dinas Sosial telah kita salurkan. Selain pemenuhan bantuan logistik, kita juga memastikan untuk pemenuhan bidang kesehatan, untuk obat-obatan dan tenaga kesehatan yang hadir di lokasi," jelasnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, telah menurunkan seluruh personel mengevakuasi puluhan warga yang terjebak banjir di sejumlah permukiman di tiga kecamatan yakni Kecamatan Manggala, Biringkanaya dan Tamalanrea.

Kepala Pelaksana BPBD Makassar Achmad Hendra Hakamuddin, mengatakan personel beserta peralatan dan perahu karet telah diturunkan ke lokasi banjir.

BPBD juga terus melakukan pendekatan persuasif kepada warga yang tidak ingin dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Beberapa warga memilih masih bertahan di rumahnya meski telah dikepung air.

Hal sama dilakukan Dinas Kesehatan Makassar yang juga mengerahkan tenaga medis untuk memeriksa kesehatan warga.