Kampung Adat Lewokluok, Flores Timur Raih Juara 1 dalam Ajang Anugerah Pesona Wisata Indonesia Award 2021
Sejumlah warga menggelar ritual adat di Kampung Adat Lewokluok, Kabupaten Flores Timur, NTT (ANTARA)

Bagikan:

MAKASSAR - Kampung Adat Lewokluok di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur menyabet gelar juara 1 dalam ajang Anugerah Pesona Wisata Indonesia (API) Award 2021.

"Kampung Adat Lewokluok meraih juara 1 API Award 2021 kategori Kampung Adat Terpopuler dengan perolehan suara vote sebanyak 63,15 persen," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Flores Timur Petrus Pemeng Liku dilansir VOI Sulsel dari Antara, Kupang, 2 Desember. 

Pengumuman juara, sebut dia, telah disampaikan dalam perhelatan Malam API Award 2021 yang diselenggarakan di Stabel Berkuda Sekayu, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan pada Selasa, 30 November lalu. 

Pemeng Liku menyebutkan, pemerintah daerah dan masyarakat Flores Timur menyambut gembira peraihan juara ini karena membuat Kampung Adat Lewokluok semakin populer sehingga berpotensi menarik banyak kunjungan wisatawan domestik hingga mancanegara.

Ia menjelaskan Kampung Adat Lewokluok di Kecamatan Demon Pagong menyajikan nilai-nilai yang menjadi daya tarik seperti adat istiadat, ritual, dan kesatuan masyarakat adat yang selama ini tetap terpelihara.

Identitas Kampung Adat Lewokluok

Selain itu, terdapat hal atraktif lain di kampung adat setempat, contohnya aktivitas menenun ibu-ibu yang hampir ada di setiap rumah serta sajian kuliner olahan yang terus diperkuat menjadi identitas mereka.

Lebih lanjut Pemeng Liku mengatakan peraihan juara ini juga memberikan motivasi bagi pemerintah daerah untuk mulai menyiapkan langkah pengembangan ke depan.

"Kita harus berpikir bagaimana merawat dan menata kampung adat ini ke depan, melestarikan aset-aset budaya dan sebagainya agar semakin menarik dikunjungi wisatawan," katanya.

Selain itu, menurut dia kesiapan sumber daya manusia masyarakat di kampung adat juga menjadi perhatian pemerintah daerah, sehingga saat menerima kunjungan wisatawan ke depan lebih siap dalam segala aspek.

"Jadi semua aspek ke depan perlu kita persiapan dengan baik sehingga Kampung Adat Lewokluok semakin menarik dan layak dikunjungi wisatawan," katanya.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!