Pemprov Terjunkan Mobil Vaksin ke Tana Toraja dan Toraja Utara untuk Tingkatkan "Herd Immunity"
Pelajar menunjukkan kartu vaksin usai mengikuti vaksinasi di layanan mobile vaccinator Pemprov Sulsel.ANTARA/HO-Humas Pemprov Sulsel

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel menerjunkan mobil vaksin (mobile vaccinator) ke Tana Toraja dan Toraja Utara, sebagai upaya memaksimalkan pencapaian herd immunity atau kekebalan kelompok.

Layanan mobil vaksinasi ini sebelumnya telah diperbantukan di Kabupaten Sinjai untuk mempermudah pemberian vaksinasi bagi masyarakat.

"Mobile vaccinator menyasar warga Tana Toraja dan Toraja Utara, dan akan dimaksimalkan melalui kerja sama antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten," kata Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangannya di Makassar, Jumat 03 September.

Untuk penyelenggaraan vaksin di dua daerah tersebut, Plt Gubernur menargetkan capaian vaksin sebesar 7.500 sampai 10 ribu dosis vaksin, yang akan dilangsungkan selama tiga hari.

Kerja sama dengan pemkab

Ia mengungkapkan, dalam pemberian vaksinasi di daerah, pemerintah provinsi bekerja sama dengan pemerintah kabupaten kota untuk penyediaan tenaga vaksinator.

"Untuk vaksinator kita kerja sama dengan pemerintah kabupaten yang diambil dari tenaga kesehatan daerah setempat," jelasnya.

Dengan kontribusi pemberian vaksin melalui mobile vaccinator, Andi Sudirman yakin capaian vaksinasi dengan target 7,1 juta jiwa di Sulsel dapat segera terwujud, dan herd immunity juga bisa lebih cepat terbentuk.

Sehingga, lanjut dia, aktivitas masyarakat di Sulsel dapat kembali normal secara perlahan.

Ikuti info dan artikel lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!