Warga Rantepao Kota Toraja Utara Mulai Dapat Menggunakan Pedestrian Khusus Pejalan Kaki
Potret pedestrian yang berada di Rantepao Kota Kabupaten Toraja Utara, Sulsel. ANTARA/HO

Bagikan:

MAKASSAR - Warga di wilayah Rantepao Kota, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, kini mulai dapat menggunakan pedestrian yang disiapkan pemerintah khusus bagi pejalan kaki di wilayah tersebut.

Ramly Djamal yang bermukim di kawasan Lapangan Bakti Toraja Utara, Sulsel, Selasa, mengatakan pada umumnya masyarakat sangat bersemangat meski masih dalam kondisi pandemi COVID-19 sebab fasilitas umum sarana pejalan kaki tersebut sudah bisa dinikmati baik warga lokal maupun pengunjung yang berwisata ke Rantepao. 

"Sebelum menjadi gubernur, dia (NA) telah menjanjikan jalur pedestrian khusus di Toraja Utara dan alhamdulillah semua terlaksana 100 persen," ujar Ramly.

Pedestrian tersebut dibangun pada era awal kepemimpinan Gubernur Sulsel nonaktif Prof HM Nurdin Abdullah. Totalnya, ada delapan ruas jalan di Rantepao yang dibangun dan sedang tahap penyelesaian. 

Kini, kondisi jalan nampak bersih dan rapi. Bola-bola beton terpasang di pinggir jalur pedestrian (trotoar). Fungsinya untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para pejalan kaki yang melintas, selain itu pedesterian menjadi tata kota penunjang kepariwisataan Rantepao. 

Program Pembangunan yang Mampu Membuka Akses Ekonomi

Ramly mengemukakan sangat merindukan sosok Nurdin Abdullah. Pasalnya, beberapa program pembangunan yang digagas NA diakuinya mampu meningkatkan perekonomian warga, bahkan membuka akses ekonomi ke kabupaten lain. 

"Orang Toraja sangat merindukan bapak prof. Kami mengharapkan kasus yang menjeratnya cepat selesai dan kami selalu mendoakan untuk keselamatannya," katanya. 

Warga lainnya, Maop yang bermukim di kawasan jalur pedistrian Jl Sam Ratulangi - Monginsidi juga merasa sangat senang dengan perubahan yang terjadi di Kota Rantepao Toraja Utara.  

Menurut dia, dengan adanya trotoar, warga sudah mulai paham aturan dan menghargai pejalan kaki. Kota juga nampak lebih cantik. 

"Waduh luar biasa kami sangat senang dengan keadaan ini. Kami orang tua sudah bisa berjalan keliling, kota semakin cantik dengan pedestrian ini," sebutnya. 

"Ini adalah pembangunan dari Pemprov Sulsel dipimpin Nurdin Abdullah. Luar biasa, kami selalu mendoakan untuk beliau. Tuhan itu adil," tambah ibu Maop.

Selain di ruas Jl Ratulangi-Monginsidi, ada juga pedestrian di Jl Merdeka, Jl Mangandil, Jl Landorundun, Jl Niaga, Jl Andi Mappanyukki, dan Jl Provinsi Bantaran Sungai.   

Ikuti info dan berita lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!