Koridor BRT Permudah Aksesibilitas Masyarakat di Empat Daerah Kawasan Mamminasata
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menerima rombongan GIZ untuk membahas proyek BRT Mamminasata. (Foto: Antara)

Bagikan:

MAKASSAR - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan proyek Koridor BRT mendukung kemudahan aksesibilitas masyarakat di empat daerah di kawasan Mamminasata.

Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan telah melakukan pertemuan dengan lembaga usaha asal Swiss, GIZ (Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit) yang siap membangun Koridor BRT Mamminasa.

"Pertemuan tersebut membahas master plan system transportasi Mamminasata (Makassar, Maros, Sungguminasa Gowa, dan Takalar) dalam rangka proyek SUTRI NAMA dan INDOBUS," ucap Andi Sudirman dalam keterangannya di Makassar, Jumat.

Plt Gubernur menjelaskan, pertemuan tersebut membahas proyek Sustainable Urban Transport Programme Indonesia-Nationally Appropriate Mitigation Actions (SUTRI NAMA) dan Indonesian Bus Rapid Transit Corridor Development Project (INDOBUS).

Pemprov menerima dengan baik kedatangan GIZ

Sementara itu, Lead Climate Advisor GIZ Gerd Fleischer mengapresiasi respon Pemerintah Provinsi melalui Plt Gubernur yang telah menerima dengan baik kedatangan GIZ bersama rombongan di Sulawesi Selatan.

“Kami berterima kasih atas kesempatan yang diberikan Plt Gubernur beserta jajaran dinas perhubungan untuk dapat bertemu dan berdiskusi mengenai pengembangan sistem angkutan umum massal yang berkelanjutan di wilayah metropolitan Mamminasata," katanya.

Gerd mengungkapkan proyek SUTRI NAMA & INDOBUS dan Financing Energy for Low-carbon Investment - Cities Advisory Facility (FELICITY) ini didanai oleh German Federal Ministry the Enviroment, Nature Conservation, and Nuclear Safety (BMU), NAMA Facility, dan State Secretariat for Economic Affairs (SECO) yang dimplementasikan oleh GIZ.

Gerd pun berharap agar lembaga ini dapat melanjutkan memberikan bantuan teknis dan peningkatan kapasitas kepada Pemerintah Sulawesi Selatan dalam pengembangan Bus Rapid Transit (BRT).

Tentu dengan jalur khusus sesuai dengan standar internasional serta dapat memberikan solusi terhadap permasalahan sistem transportasi di wilayah Mamminasata.

Ikuti berita dan info lainnya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!