10 Tempat Wisata yang Paling Sering Dikunjungi di Sulawesi Selatan, Pernah ke Sini?
Objek wisata Tana Toraja. (Foto: Kemenparekraf)

Bagikan:

Makassar adalah salah satu kota besar yang terkenal di Indonesia. Ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan ini tidak hanya memiliki kekayaan budaya dan tradisi, tetapi juga tempat wisata yang menarik dan meninggalkan kesan bagi pengunjungnya. Banyak orang yang berlibur ke tempat tersebut pada waktu liburan ataupun di akhir pekan.

Penasaran apa saja destinasi menarik di Makassar? Berikut ini 10 tempat wisata yang paling sering dikunjungi di Sulawesi Selatan, dirangkum dari beberapa sumber.

1.  Pantai Losari, Makassar

Pantai ini tidak hanya dikenal oleh masyarakat Sulawesi, banyak orang dari pulau lain yang telah mengetahui keindahan dari pantai ini. Di area pantai terdapat tulisan Pantai Losari yang kerap dijadikan spot foto favorit oleh para pengunjung yang datang. Namun, pantai ini memiliki ciri khas yang unik dan berbeda dengan pantai lainnya. Di tepi pantai ini Anda tidak akan menemukan pasir, melainkan lantai beton yang dibuat secara khusus.

Jangan salah, para wisatawan dapat menikmati pemandangan laut yang indah dari lantai beton pinggir pantai tersebut. Anda juga dapat melakukan aktivitas apa pun saat berada di pantai ini, misalnya memancing, bermain sepeda air, atau mencoba banana boat. Ingin berlayar dengan perahu yang ada di area pantai? Bukan hal yang mustahil dan sangat bisa direalisasikan.

2. Pulau Samalona, Makassar

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja saat berada di Sulawesi Selatan adalah Pulau Samalona. Di area pulau tersebut, Anda bisa mencoba untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah laut. Berbagai jenis terumbu karang dan ikan tropis dapat Anda temui di sana. Para pengunjung dapat menggunakan speed boat terlebih dahulu untuk menuju pulau ini.

3. Pulau Gusung, Kep. Selayar

Selain Pulau Samalona, masih ada pulau lain yang tak kalah menarik di wilayah Sulawesi Selatan. Pulau tersebut adalah Pulau Gusung. Anda dapat melakukan beragam aktivitas bersama keluarga yang turut serta saat berlibur di sini. Keindahan laut yang bertepikan pasir putih di Pulau Gusung cukup memanjakan mata para pengunjung yang memandangnya.

4. Taman Laut Taka Bonerate, Kep. Selayar

Taman Laut Taka Bonerate merupakan salah satu destinasi wisata terbaik di daerah Sulawesi Selatan. Bagi Anda yang menyukai kegiatan menyelam, taman laut ini direkomendasikan sebagai tempat wisata yang tepat untuk Anda kunjungi. Ada banyak jenis ikan, kura-kura, dan juga penyu yang hidup di area ini. Jika ingin menyelam, telah tersedia peralatan memadai yang dapat disewa para pengunjungnya.

5. Taman Nasional Bantimurung, Maros

Jika Taman Laut Taka Bonerate terkenal dengan kehidupan satwa lautnya, maka Taman Nasional Bantimurung terkenal dengan hewan kupu-kupu. Setidaknya ada 250 jenis kupu-kupu yang hidup di taman ini. Luas dari taman ini bahkan mencapai 43.750 Ha.

Di dalam taman nasional tersebut Anda akan menjumpai air terjun, bukit kapur, dan juga gua yang eksotis. Dijamin, Anda tidak akan menyesal jika memutuskan berlibur ke taman ini.

6. Wisata Malino, Gowa

Tidak hanya memiliki alam bawah laut yang indah, daerah Sulawesi Selatan juga memiliki hamparan pegunungan dengan pemandangan yang memikat mata. Contohnya tempat wisata bernama Malino yang menyajikan keindahan alam yang sejuk dan memanjakan visual.

Tempat wisata ini sudah terkenal sejak zaman Belanda. Anda dapat mengunjungi perkebunan teh, air terjun, hutan pinus dan masih banyak lagi tempat indah di kawasan wisata ini.

7. Benteng Somba Opu, Gowa

Pada zaman dahulu, benteng ini difungsikan sebagai pusat perdagangan dan juga pelabuhan bagi produk rempah-rempah. Hingga akhirnya di tahun 1990-an, Benteng Somba Opu mengalami rekonstruksi sehingga memiliki tampilan yang lebih baik.

Bagi Anda yang hendak berwisata sejarah, maka benteng ini adalah sebuah pilihan yang cemerlang. Di dalam benteng tersebut, Anda akan menjumpai rumah adat khas dari daerah setempat.

8. Gua Tampang Allo, Tana Toraja

Gua Tampang Allo adalah sebuah gua yang kini telah dialihfungsikan sebagai tempat pemakaman. Meskipun demikian, gua ini layak untuk Anda kunjungi saat berkunjung ke Sulawesi Selatan. Cukup banyak para pengunjung yang datang pada hari biasa maupun hari libur.

Di area gua tersebut, Anda akan menemui patung atau tao-tao yang dibuat khusus. Di dalam gua, terdapat ratusan erong atau peti mati dari orang-orang yang telah dimakamkan di sana.

9. Desa Ke’te Kesu, Tana Toraja

Salah satu desa di Sulawesi Selatan yang wajib untuk Anda kunjungi adalah Ke’te Kesu. Secara semantik, makna dari Ke’te Kesu sendiri adalah pusat kegiatan. Di area desa yang ada, para wisatawan yang datang dapat melihat deretan rumah adat yang elegan dan begitu mempesona.

Bangunan dari era megalith juga dapat Anda temui di desa ini. Selain itu, Anda juga dapat berbelanja beragam jenis souvenir di area perkampungan wisata ini.

10. Pusat Kerajinan Perahu Pinisi, Bulukumba

Jangan lupa pula untuk berkunjung ke tempat ini. Kepiawaian masyarakat di wilayah tersebut telah diakui oleh berbagai pihak di sana. Tidak hanya mampu menghasilkan perahu yang kokoh, para pengrajin juga mampu membuat perahu dengan tampilan yang megah. Peralatan yang digunakan untuk menghasilkan sebuah karya yang begitu luar biasa ini pun masih tradisional.

Pusat kerajinan perahu pinisi ini berada di kawasan Bulukamba. Pada zaman dahulu wilayah tersebut dikenal dengan istilah Butta Panritta Lopi, yang bermakna tanah para ahli pembuat perahu jenis phinisi. Dengan berkunjung ke destinasi wisata ini, Anda juga dapat sekaligus belajar mengenal sejarah tempat tersebut.

Demikianlah tempat-tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat berlibur ke Sulawesi Selatan. Jika benar-benar berniat mengunjungi, pastikan segala persiapan Anda cukup lengkap, mulai dari hal materi, administrasi, hingga kesiapan fisik dan mental. Selamat berlibur!

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!