Tim Kesehatan Polda Sulses Laksanakan Vaksinasi COVID-19 untuk Ratusan Personel Polri
Vaksinasi COVID-19 di Polda Sulsel. (Sumber foto: Antara)

Bagikan:

Makassar - Vaksinasi COVID-19 kepada ratusan personil Polri aktif dilaksanakan oleh Tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokes) Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Sulawesi Selatan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Sulsel. Mulai dari siswa hingga taruna mendapatkan vaksinasi yang berlokasi di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua Kota Makassar, Senin 8 Maret.

"Totalnya, ada 603 personil yang divaksin. Vaksinasi dilaksanakan dua gelombang, hari ini dan besok, semua di SPN Batua," jelas Kepala SPN Batua Kombes Pol Joko Pitoyo di sela pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tersebut.

Perwira menengah Polri tersebut mengutarakan pelaksanaan vaksinasi gelombang pertama khusus di lingkup SPN Batua diikuti 160 orang  personil siswa. Ditambah 219 personil aktif yang tersebar di wilayah Makassar Raya, dan 34 personil taruna dari tingkat satu hingga empat.

Adapun untuk vaksinasi gelombang kedua esok, akan diikuti 190 personil dari luar makasar tetapi masuk wilayah Sulsel, dan personil tambahan lainnya. Total keseluruhan yang mengikuti vaksinasi adalah 603 orang personil.

Menurutnya, selain mengikuti program pemerintah, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terhadap personil Polri tersebut  juga bagian dari peningkatan ketahanan tubuh, mengingat tugas Polri sebagai penegak hukum juga rentan terpapar corona saat menunaikan tugas negara.

Vaksinasi tersebut, jelasnya, merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi, dalam hal ini Dinas Kesehatan bersama Biddokes Polda Sulsel melalui program vaksinasi massal tahap dua bagi pelayanan publik setelah tenaga kesehatan divaksin lebih awal.

"Ini salah satu program pemerintah guna meningkat Imun kita. Vaksinasi kerja sama Dinas Kesehatan dengan Biddokes Polda. Hari ini vaksinasi dosis pertama selanjutnya 14 hari nanti dilaksanakan vaksin dosis kedua. Jenis vaksinnya adalah Sinovac, " tambah Joko.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan menjalankan vaksinasi massal COVID-19 gelombang kedua khusus untuk pelayanan publik, setelah vaksinasi tahap pertama bagi tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muh Ichsan Mustari menyebutkan, target penerima vaksin di Sulsel sebanyak  694.858 orang. Vaksinasi tahap dua bagi pelayanan publik tersebut, kata dia, diperuntukkan bagi guru, TNI-Polri, DPRD, Tokoh Agama, Pejabat Daerah, Aparatur Sipil Negara, BUMN, BUMD, Satpol PP, pedagang pasar, petugas pariwisata, organda, dan ojek atau pengemudi transportasi daring hingga lansia.

Vaksinasi akan berlangsung selama dua bulan dimulai sejak 1 Maret dan akan berakhir hingga 31 April 2021. Untuk mencapai target itu beberapa strategi yang dilakukan utamanya vaksinasi massal ditempat keramaian. Ini dilakukan agar masyarakat tidak takut untuk divaksin.

"Beberapa tempat kita gunakan untuk pelaksanaan vaksinasi, tidak berdasarkan hanya di fasilitas kesehatan saja. Seperti kemarin GOR Unhas kita pakai, Aula Polda, SPN dan Mal kita pakai serta vaksinasi ASN di kantor gubernur, " ujarnya.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!