Dari Hantu Poppo jadi Gunung Terangker di Sulawesi Selatan
Puncak Rante Mario di Pegunungan Latimojong (Indonesia Kaya)

Bagikan:

SULAWESI SELATAN – Sulawesi Selatan adalah salah satu provinsi yang terletak di wilayah Indonesia bagian timur yang menyimpan banyak gunung. Lantas, apa gunung terangker di Sulawesi Selatan?

Adalah Pegunungan Latimojong yang memiliki puncak tertinggi di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan memiliki kisah horor tersendiri.

Hantu Poppo di Gunung Latimojong

Gunung Latimojong dikenal angker bagi para pendaki lantaran diyakini menjadi tempat tinggal Hantu Poppo.

Hantu Poppo, berdasarkan kesaksian para pendaki dan masyarakat setempat dalah makhluk halus  dengan wujud manusia yang dapat terbang. Yang membuat menyeramkan dari hantu tersebut adalah mata yang dapat menyala merah.

Berdasarkan keyakinan pada pendaki, konon Hantu Poppo sering menculik para orang-orang yang mendaki Gunung Latimojong pada malam hari.

Oleh sebab itu, para pendaki dihimbau agar selalu waspada dan siaga jika mendengar suara “pok…pok…pok” yang berulang-ulang.

Apabila Anda mendaki Gunung Latimojong dan mendengar suara aneh tersebut, berarti tanda Hantu Poppo sudah semakin dekat dengan posisi Anda.

Pegunungan Latimojong, Salah Satu 7 Puncak Tertinggi di Indonesia

Di luar cerita horor, Pegunungan Latimojong adalah bagian dari puncak tertinggi di Indonesia.

Titik tertinggi Pegunungan Latimojong adalah puncak yang bernama Rante Mario dengan ketinggian 3.430 m di atas permukaan laut.

Tertarik mendaki Gunung Latimojong? Anda dapat memulai pendakian dari Desa Karangan. Di desa tersebut terdapat sungai dengan air jernih yang cukup besar yang bernama Salu Karangan.

Selain itu, di Desa Karangan jika Anda hendak mendaki dan membutuhkan jasa porter atau pembawa barang-barang, maka akan dapat memanfaatkan jasa penduduk setempat.

Perlu diketahui, rangkaian Pegunungan Latimojong bukanlah jenis gunung berapi. Di sebagian besar wilayahnya banyak ditemui hutan tipe Montana dengan ketinggian 2.000 hingga 3.000 meter dpl.

Apabila beruntung, Anda dapat bertemu dengan babi rusa dan anoa ketika mendaki di wilayah hutan gunung tersebut.

Pegunungan Latimojong sendiri memiliki tujuh puncak dengan masing-masing puncak yang punya nama sendiri.

Selain puncak Buntu Rante Mario yang merupakan titik tertinggi, masih terdapat beberapa puncak tertinggi lainnya seperti Buntu Nenemori, Buntu Sinaji, Buntu Sikolong, Buntu Rante Kambola, Buntu Bajaja, dan Buntu Latimojong.

Selain gunung terangker di Sulawesi Selatan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!