Berita Sulsel Hari Ini: DPKH Sinjai Menunggu Kedatangan Vaksin PMK Produksi Lokal Agustus
Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) meninjau lokasi pembibitan ternak sapi di Sinjai. ANTARA

Bagikan:

Makassar - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, menanti kedatangan vaksin untuk hewan ternak produksi lokal sebagai upaya pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala DPKH Sinjai Burhanuddin dihubungi dari Makassar, Minggu 03 Juli menyebutkan hingga saat ini belum mendapatkan kiriman vaksin PMK karena masih diprioritaskan bagi daerah yang sudah terjangkit wabah.

"Kemarin waktu rapat di Jakarta, disebutkan akan membuat vaksin lokal pada Agustus mendatang. Kita tunggu saja pengiriman vaksin nanti," ujarnya.

Kasus PMK di Sulsel belum ditemukan

Ia menjelaskan, sampai saat ini seluruh pulau sulawesi masih aman khususnya di Kabupaten Sinjai. Adapun daerah atau pulau yang sudah terdampak itu, Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Alhamdulillah sampai saat ini belum ditemukan kasus PMK di Sulsel. Kita tentunya berharap kondiis ini terus terjaga sehingga tidak merugikan peternak," ujarnya.

Meski belum terdeteksi di Sinjai, DPKH Sinjai tetap melakukan berbagai antisipasi atau langkah pencegahan penyebaran wabah tersebut.

Salah satunya dengan memperketat lalu lintas ternak, seperti jalur masuk ternak di Sinjai terutama di Pelabuhan Larea-rea.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Ikuti artikel dan berita Sulsel terkini, klik link berikut untuk update info terbaru.