Ikuti Jokowi, Prabowo Beli Blangkon Waktu Resmikan Bandara Trunojoyo Jawa Timur
Jokowi dan Prabowo kompak beli blangkon bareng di Bandara Trunojoyo. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

MAKASSAR - Di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri untuk membeli blangkon. Ikuti langkah Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto juga tertarik membelinya.

Jokowi dan Prabowo tertarik dengan blangkon yang dipajang di stan kerajinan lokal khas Madura di ruang tunggu Bandara Trunojoyo, Kabupaten Sumenep, Rabu 20 April.

Jokowi terlebih lebih dahulu mencoba blangkon berwarna coklat. Di sampingnya berdiri beberapa Menteri, antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Ayah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka itu mengepaskan blangkon di lingkar kepalanya. Diputar-putar hingga akhirnya mantap dengan ukuran blangkon yang dikenakan.

"Langsung dipakai," kata Jokowi, dikutip dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 20 April.

Giliran Prabowo yang mencoba blangkon agar pas dengan ukuran kepalanya. "Pas engga, engga kekecilan?" tanya Prabowo ke Menhub yang berada persis di sampingnya.

"Merasa nyaman engga?" jawab Menhub.

"Ukurannya [penutup kepala biasanya] berapa?" tanya Menteri BUMN.

"9,5. Tapi ini ok lah!" tegas Prabowo sembari memegang blangkon yang dipakainya.

Blangkon khas raja-raja Madura

Usut punya usut, udeng blangkon yang dibeli keduanya merupakan blangkon khas raja-raja Madura zaman dahulu kala.

Jokowi dan Prabowo akhirnya menggunakan blangkon berwarna serupa yang baru saja dibeli keduanya dalam acara peresmian Bandar Udara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep.

Dalam sambutannya saat pembukaan Bandara Udara Trunojoyo, Jokowi mengatakan bandara ini siap dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan pulau-pulau lainnya di sekitar Madura.

“Saya minta agar bandara ini dimanfaatkan dan dijaga sebaik-baiknya, dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing daerah, menggerakkan perekonomian masyarakat agar membuat masyarakat lebih sejahtera,” ujar Jokowi dalam sambutannya.