Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu yang Habiskan Anggaran Rp18,3 Triliun
Presiden Joko Widodo (Foto: Maria Trisnawati/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan ruas Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pada Selasa 11 Juli 2023.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat," ujar Jokowi di gerbang terowongan Cisumdawu, Selasa 11 Juli.

Jokowi menjelaskan, jalan tol ini menghubungkan Bandung ke Cipali melalui Cipularang dan telah dibangun sejak tahun 2011 dan menelan biaya Rp18.3 triliun.

"Pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun. Dari pemerintah Rp9.07 triliun dan sisanya dari KPPU," beber Jokowi.

Lebih jauh, Jokowi menjelaskan, jika pembangunan yang memakan waktu 12 tahun ini menghadapi berbagai permasalahan di lapangan termasuk masalah pembebasan lahan.

Ia berharap, dengan beroperasinya tol ini dapat mempermudah konektivitas ke Bandara Kertajati yang semula pembangunannya selesai bersamaan dengan Tol Cisumdawu.

Selain itu, lanjut Jokowi, selesainya Tol Cisumdawu diharapkan Bandar Udara (Bandara) Kertajati dapat brroperasi penuh pada bulan Oktober mendatang.

"Dulu memang ini kita kerjakan bersama agar tol jadi bandara jadi berbarengan. Tapi karena urusan pembebasan lahan, bandara selesai tolnya belum, jadi mengganggu operasional airport," jelas Jokowi.