Sulsel masuk prioritas pencanangan Tahun Kerukunan 2022, Kakanwil Kemenag: Dongkrak Kemajuan Ekonomi
Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Selatan H Khaeroni. Antara

Bagikan:

MAKASSAR - Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Selatan H Khaeroni menyebutkan dalam tiga tahun terakhir, hasil Indeks Kerukunan Umat Beragama (IKUB) menempatkan provinsi itu selalu di atas di tingkat nasional, sehingga masuk prioritas pencanangan Tahun Kerukunan 2022.

"Suatu kesyukuran atas hasil IKUB yang dirilis baru-baru ini bahwa Provinsi Sulsel pencapaiannya berada di atas rata rata nasional," kata Khaeroni di Makassar, Minggu 09 Januari.

Menurut dia, capaian IKUB tersebut menjadikan Sulsel sebagai salah satu daerah di Indonesia yang diprioritaskan dalam pencanangan Tahun Kerukunan pada 2022.

Berkaitan dengan hal itu, Kakanwil menyampaikan terima kasihnya atas partisipasi semua pihak yang telah membantu dan mendukung capaian IKUB di Sulsel dan di masing-masing daerah. 

Dongkrak perkembangan dan kemajuan ekonomi

Dia menjelaskan kerukunan antar umat ini penting, karena menjadi faktor utama dalam mendongkrak perkembangan dan kemajuan ekonomi bagi rakyat dan daerah.

Hal itu sekaligus menjadi indikator dari IKUB yang dari tahun ke tahun semakin mengalami peningkatan.

Sebagai gambaran, IKUB Sulsel pada 2017 angkanya sebesar 74, lalu pada 2018 angkanya sebesar 71,3 dan pada 2019 angkanya mencapai 75,67. Begitu pula pada 2020 dan 2021 selalu diatas angka 75 atau lebih tinggi dibanding rata-rata IKUB nasional yang hanya berada pada angka 73.

Khaeroni berharap prestasi demi prestasi yang dihasilkan Sulsel akan memberikan dampak positif dan multiplier efek bagi masyarakat Sulsel.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!