Pemerintah Sulawesi Selatan Salurkan Bantuan Dana Sebesar Rp10 miliar untuk Selayar
Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman pada acara peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Selayar ke-416 tahun yang digelar virtual. ANTARA

Bagikan:

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyalurkan bantuan senilai Rp10 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai bentuk dukungan penanganan masalah gizi pada anak serta pembangunan sarana dan prasarana di kabupaten tersebut.

"Bantuan ini termasuk untuk pembangunan Masjid Agung, yang akan menjadi sarana pendukung dalam persiapan Selayar sebagai tuan rumah STQH (Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis) 2023 tingkat provinsi di Selayar," kata Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Selasa 30 November dikutip VOI Sulsel dari Antara.

Ia menjelaskan bahwa Kabupaten Kepulauan Selayar tengah melakukan pembangunan, termasuk membangun jalan Tanabau-Ngapaloka-Patumbukang serta infrastruktur kelistrikan.

Kontrak jual beli listrik

Menurut dia, PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) telah sepakat bekerja sama dengan PT Falcon Soenich Energi untuk melaksanakan kontrak jual beli listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Solar Home System untuk Kabupaten Kepulauan Selayar.

Selain itu, ia menyebutkan, PT afterFIT Indonesia berencana mendirikan pembangkit listrik tenaga surya dengan kapasitas 10 MW di Kabupaten Selayar.

Pelaksana Tugas Gubernur mengatakan bahwa pemerintah provinsi sudah bersurat ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk mendukung pemenuhan kebutuhan listrik di seluruh wilayah kepulauan Sulawesi Selatan.

Dia juga mengemukakan bahwa peluang investasi dalam penyediaan energi terbarukan di wilayah Sulawesi Selatan masih besar. "Sulsel adalah tempat paling bagus untuk energi baru terbarukan. Kita harap pelan-pelan yang menjadi strategis, Sulawesi Selatan menjadi baterai untuk Indonesia," katanya.

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!