Jelang PON Papua, Tim Anggar Sulsel Fokus Matangkan Mental
Sejumlah atlet anggar Sulsel terus fokus mematangkan kemampuan dan mental jelang tampil di PON XX 2021 Papua. ANTARA/HO-pribadi

Bagikan:

MAKASSAR - Tim anggar Sulawesi Selatan fokus mematangkan mental bertarung atlet di Makassar sebelum tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, yang akan diselenggarakan pada 2 hingga 15 Oktober 2021. 

Pelatih Anggar Sulsel Muhammad Haerullah mengatakan di tengah kondisi pandemi COVID-19, pihaknya membatalkan sejumlah agenda uji coba atau try out karena pemberlakuan pembatasan untuk menghindari penyebaran virus corona.

"Saya kira seluruh daerah mengalami kondisi ini (tanpa uji coba), jadi kini memilih untuk meningkatkan mental para atlet agar tidak grogi saat langsung tampil di kejuaraan, seperti PON," ujar Haerullah di Makassar, Jumat 23 Juli.

Tim anggar Sulsel pada PON 2021 diperkuat sebanyak empat atlet yang berlaga di nomor individual, diantaranya Andi Almaidah Dirhamzah (degen putri) dan Arina Nur Andini (degen putri).

Kemudian Andi Muh Rezky Almufarid (degen putra) dan Muhammad Irfan Ibrahim dari kategori senjata floret Putra.

Pernah ikut ajang PON 2016

Ia menjelaskan dari empat atlet tersebut, tiga di antaranya pernah terjun pada ajang PON 2016. Artinya, pengalaman dari ketiga atlet itu diharapkan dapat menjadi motivasi dan menjaga mental seluruh pemain, meskipun harus bertanding tanpa uji coba sebelumnya. 

"Saya kira atlet lain juga sama-sama buta kekuatan lawan, jadi tergantung siapa yang mentalnya paling siap, maka berpotensi untuk meraih medali di PON mendatang," kata Haerullah.

"Kami memang butuh jam terbang sebelum tampil di PON, namun saya kira tidak masalah, karena daerah lain juga mengalami hal serupa," sambung mantan atlet nasional itu.  

Ikuti info dan berita lainnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!