4 Jenis Minuman yang Berpotensi Menyebabkan Keguguran pada Ibu Hamil
Ilustrasi (Claudia Soares/Unsplash)

Bagikan:

Makassar—Ketika hamil, banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan janin dan bumil. Salah satu yang harus diperhatikan adalah berbagai jenis minuman yang dikonsumsi. Sebelum mengonsumsi berbagai minuman saat hamil, sebaiknya Anda perhatikan bagaimana kondisi kandungan yang ada di dalamnya. Jangan sampai berbahaya untuk kehamilan. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini jenis minuman yang sebaiknya Anda konsumsi.

Jus buah

Jus buah yang tidak melewati proses pasteurisasi akan rentan terhadap kontaminasi bakteri. Makanya, jus buah yang enggak dipasteurisasi ini berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Bakteri yang ada pas jus buah tanpa pasteurisasi berpotensi memicu terjadinya infeksi. Nah, infeksi inilah yang dapat mengancam kesehatan janin dalam kandungan dan dapat menyebabkan keguguran.

Susu

Sama halnya dengan jus yang tidak melewati proses pasteurisasi. Susu juga dapat memicu infeksi bakteri apabila tidak dipasteurisasi. Infeksi bakteri tersebut bisa berbahaya untuk keselamatan janin dan ibu hamil. Jadi, sebaiknya pastikan kalau kamu selalu mengonsumsi susu yang melewati tahan pasteurisasi.

Minuman bersoda

Minuman bersoda juga harus dihindari oleh ibu hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Kandungan kafein dan gula yang berlebih di dalam minuman bersoda tidak baik dikonsumsi ibu hamil.

Kopi dan teh

Kopi mengandung banyak kafein dan dapat memicu terjadinya keguguran pada masa awal kehamilan. Konsumsi kafein yang berlebihan bisa menghambat pertumbuhan janin.Sama seperti kopi, teh juga memiliki kandungan kafein. Menurut sebuah penelitian, ibu hamil disarankan untuk membatasi asupan kafein kurang dari 200 mg per hari. Hal tersebut bertujuan untuk menhindari risiko keguguran.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!